Kriminal di Jogja, Mantan Karyawan Membawa Kabur Uang Senilai 320 Juta

tribratanews.polri.go.id -Jogja, Satuan Reskrim Polres Bantul berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di gudang milik PT Turangga Wahana Citra, Randubelang Bangunharjo Sewon Bantul. Sebanyak tiga orang yang diduga kuat sebagai pelaku telah diamankan petugas. Ketiganya adalah HI (27) warga Gesikan Wijirejo Pandak, DS (27) warga Tangkilan Sumbermulyo Bambanglipuro dan RZ (34) warga Kadisoro Gilangharjo Pandak.

Hal ini dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Anggaito Hadi saat dikonfirmasi oleh juru warta Tribratanews. Saat didampingi Kasubbag Humas AKP Leonisya Sagita SIK, Kasat Reskrim mengungkapkan kasus pencurian tersebut sendiri pertama kali diketahui sejak akhir bulan yang lalu (27/6/2017) sekitar pukul 07.00 WIB. Brangkas berisi uang tunai senilai Rp 400 juta ditemukan dalam keadaan rusak. Sementara sebagian besar uangnya juga raib. Yang tersisa di dalam brangkas sekitar Rp 80 juta.

Dari hasil olah TKP petugas tidak menemukan adanya kerusakan pada pintu ruangan tempat penyimpanan brangkas. Sehingga petugas memiliki asumsi bahwa pelaku pencurian merupakan orang yang sudah mengetahui dengan baik lokasi tempat peyimpanan brangkas.

Kasat Reskrim kembali menjelaskan, dari hasil penyelidikan di lapangan, akhirnya kecurigaan petugas mengerucut kepada HI, mantan karyawan PT Turangga Wahana Citra sebelumnya sudah dipecat. Mudah bagi petugas untuk mencari keberadaan HI, karena yang bersangkutan sedang terjerat kasus hukum dalam kasus penipuan/penggelapan dan sedang ditahan di Polsek Bantul.

“Jadi HI ini merupakan mantan karyawan di PT Turangga Wahana Citra yang sebelumnya sudah dipecat karena bermasalah. Dan yang bersangkutan merupakan otak kasus pencurian dengan pemberatan tersebut,” jelasnya Jum’at (14/7/2017).

Petugas Sat Reskrim kemudian berkoordinasi dengan Polsek Bantul untuk memeriksa HI. Dihadapan petugas, HI mengaku telah melakukan pencurian tersebut dengan dibantu dua orang temannya, DS dan RZ. Petugas kemudian memburu rekan HI, dan berhasil mengamankan keduanya di rumah masing-masing.

Terkait kasus tersebut, barang bukti yang telah diamankan petugas antara lain berupa brangkas yang sudah dirusak, gerindra listrik, palu besi dengan gagang kayu, betel besi, kunci ring dan sebuah mobil Timor Nopol AB 1440 B pembelian mobil dari hasil curian tersebut.

“Ketiga tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya tujuh tahun,” pungkasnya.

penulis : Murpratomo Agung
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password