Polsek Sangalla Tangkap Petani Pelaku Penikaman di Kampung Katangka

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolsek Sangalla AKP Marthen Buttu bersama personilnya berhasil menangkap pelaku penikaman yang terjadi diwilayahnya bertempat di  Rantesapang Kampung Katangka Lembang Kaero Sangalla Kabupaten Tana Toraja, Kamis (13/07/17).

Adapun kronologis kejadiannya dimana pada hari tersebut sekitar pukul 13.30 wita, korban dengan inisial EB, umur 30 tahun, pekerjaan Tani, alamat Kaero Lemb. Kaero Sangalla Kab. Tator sedang membonceng gabah dengan menggunakan sepeda motor menuju ketempat penggilingan.

Dilokasi penggilingan ada pelaku inisial YP, umur 32 tahun, pekerjaan tani alamat Katangka Lemb. Kaero Sangalla Kab. Tator yang sedang minum ballo melihat korban melintas didepannya dan mengikuti korban dari belakang.

Pada saat korban hendak membuka penggilingan padi, tiba-tiba pelaku datang dari belakang dan memegang baju korban akan tetapi pada saat korban menoleh kebelakang pelaku menusuk korban menggunakan pisau sebanyak 1 (satu) kali dibagian perut.

Atas kejadian tersebut korban mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Lakipadada dengan luka dibagian perut sedalam 6,5 cm dan lebar 1,5 cm sedangkan pelaku diamankan ke Polres Tana Toraja bersama barang bukti untuk menjalani proses hukum.

Kekerasan merupakan tindakan agresi dan pelanggaran (penyiksaan, pemukulan, pemerkosaan, dan lain-lain) yang menyebabkan atau dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan atau menyakiti orang lain, dan hingga batas tertentu tindakan menyakiti binatang dapat dianggap sebagai kekerasan, tergantung pada situasi dan nilai-nilai sosial yang terkait dengan kekejaman terhadap binatang.

Menurut WHO (dalam Bagong. S, dkk, 2000), kekerasan adalah penggunaan kekuatan fisik dan kekuasaan, ancaman atau tindakan terhadap diri sendiri, perorangan atau sekelompok orang atau masyarakat yang mengakibatkan atau kemungkinan besar mengakibatkan memar/trauma, kematian, kerugian psikologis, kelainan perkembangan atau perampasan hak.

Akhir-akhir ini di Indonesia sering terjadi kekerasan fisik baik yang bertujuan untuk mendapatkan apa yang pelaku inginkan atau hanya bermotif pada balas dendam semata. Dari beberapa uraian mengenai jenis-jenis kekerasan yang melibatkan fisik yang akan mengakibatkan seseorang terjerat hukuman. Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendorong sesorang untuk melakukan tindakan kekerasan fisik. Sehingga beberapa jenis kejahatan akan dikelompokkan ke dalam kekerasan fisik dan yang tidak termasuk kekerasan fisik.

Dari permasalahan diatas di duga bahwa umur narapidana, lingkungan tempat tinggal, status pekerjaan, status pendidikan dan jenis kelamin akan mempengaruhi seseorang untuk melakukan kekerasan fisik.

Dari plot di bawah, terlihat jelas bahwa terdapat hubungan linear antara prediktor kontinu (umur narapidana) dengan variabel tindakan kekerasan Dengan menggunakan regresi logistik ganda dari semua variabel (umur, tempat tinggal, pendidikan dan pekerjaan ) yang diperkirakan sangat berpengaruh terhadap terjadinya kekerasan fisik pada narapidana adalah pendidikan.

Variabel yang paling menentukan terjadinya kasus kekerasan fisik adalah tingkat pendidikan dan tingkat pekerjaan. Semakin rendah tingkat pendidikan narapidana dan tingkat pendidikan narapidana maka probabilitas seseorang melakukan tindak kejahatan dengan kasus kekerasan fisik semakin besar.

Dalam upaya mengurangi kasus kasus pidana terutama kekerasan fisik, perlu bagi pihak pemerintah untuk mengambil tindakan-tindakan atau kebijakan-kebijakan, misalnya melalui pengawasan kualitas lingkungan seperti mengadakan kegiatan positif yang berguna untuk masyarakat dan menambah keamanan di area-area yang diperkirakan berbahaya, meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat serta mengadakan semacam penyuluhan kepada masyarakat ataupun dengan cara-cara yang lain, agar dapat mengantisipasi terjadinya kasus pidana, sekaligus agar dapat menekan angka kejahatan di Indonesia.

Penulis : Bara

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password