Pelaku Penipuan Hingga Millyaran Rupiah di Biak, Berhasil Ditangkap di Sidoarjo

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Setelah melakukan penipuan dan penggelapan di Biak kemudian berusaha kabur dan melarikan diri, pelaku dengan inisial MB alias Cak Bas akhirnya berhasil ditangkap personil Polsek Sedati di Sidoarjo Jawa Timur pada (4/7/2017) lalu.

Setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak, diantaranya pihak penerbangan Sriwijaya Air, para korban penipuan dan penggelapan serta pihak Kepolisian Sektor Sedati Polres Sidoarjo, akhirnya keberadaan pelaku bisa diungkap dan dilakukan penangkapan. Hal tersebut dikemukakan Kapolres Biak Numfor AKBP H. Hadi Wahyudi, SIK yang didampingi Kasat Reskrim AKP I Wayan Laba, SH dan Kanit Resum Aipda M. Fajar, SH didepan para wartawan siang tadi, Kamis (13/7/2017).

“Pelaku diamankan beberapa hari di Polsek Sedati, karena transfortasi cukup sulit didapatkan berhubung masih dalam suasana arus balik lebaran, namun akhirnya personil dari kami Sat. Reskrim Polres Biak Numfor berhasil menjemput pelaku dan tiba di Biak pada (12/7/2017) kemarin, “jelas Kasat Reskrim.

Ditambahkan Kasat Reskrim bahwa jumlah korban saat ini yang telah melapor sebanyak 5 orang dengan total kerugian senilai 1.193.500.000,- (satu milyar seratus sembilan puluh tiga juta lima ratus ribu rupiah). Sedangkan modus yang digunakan pelaku yaitu berpura-pura menyewa mobil rental, kemudian digadaikan kepada pihak lain, jadi dalam satu kendaraan ada dua pihak yang dirugikan, baik sebagai pemilik kendaraan maupun pada pihak/tempat gadai.

“Lebih ironis lagi, ada juga setelah digadai kemudian di sewa lagi lalu digadaikan lagi kepada pihak lainnya, jadi istilahnya gadai diatas gadai, “tambah Kasat Reskrim.

Tidak menutup kemungkinan lanjut Kasat Reskrim, masih ada korban-korban lainnya namun belum sempat melapor atau kemungkinan belum tau kalau mobil yang disewakannya ada tersangkut kasus seperti ini.

Saat ini pihak Penyidik Sat. Reskrim Polres Biak telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi termasuk para saksi korban.

Pelaku telah diamankan di rutan Polres Biak dengan persangkaan kasus pidana penipuan dan penggelapan sebagaimana dalam pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP.

Penulis : Ruslan
Editor : Umi Fadillah
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password