Tingkatkan Kewaspadaan, Polda Bali Gelar Latihan Beladiri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Ancaman terorisme di Indonesia semakin mengkhawatirkan, para teroris semakin nyata dalam menjalankan aksinya dengan menyerang personel Polri yang sedang bertugas di lapangan. Kelompok teroris menyerang dengan menggunakan bom dan senjata tajam terhadap para korbannya.

WhatsApp Image 2017-07-12 at 12.32.32Selain dituntut untuk meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugasnya saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, personel Polri juga harus mempunyai ketrampilan beladiri disamping latihan menembak reaksi, olah TKP, Dalmas, dan latihan-latihan kepolisian lainnya. Menyikapi hal tersebut, Polda Bali menggelar latihan beladiri Polri mulai dari tanggal 11 sampai dengan 27 Juli 2017 di halaman depan Mapolda Bali. Pelaksanaan latihan dilakukan secara bertahap, masing-masing Satker sudah diatur jadwal latihannya oleh Biro SDM Polda Bali.

Usai pelaksanaan apel pagi, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose meninjau langsung pelaksanaan latihan bersama ini. Personel Polda Bali dengan semangat melaksanakan latihan dengan meniru gerakan dan mengikuti petunjuk pelatih. Para pelatih memberikan materi gerakan teknik dasar beladiri Polri, teknik beladiri tanpa alat dan teknik beladiri dengan alat melawan alat.

Contoh gerakan teknik dasar beladiri Polri yaitu jatuh ke kiri atau kanan dan depan atau belakang, roll depan jatuh kiri atau kanan, pukulan, tangkisan, tendangan dan dasar membawa tahanan. Untuk gerakan teknik beladiri tanpa alat yaitu melepas pegangan tangan dan baju, melepas cekikan dan sekapan, menghindari pukulan dan tendangan, menghindari serangan tongkat dan senjata tajam serta menghindari todongan pistol dan clurit.

Sedangkan untuk gerakan teknik beladiri aksi dan reaksi dengan alat yaitu tongkat sebagai alat menghadapi tusukan pisau dari depan dan menghadapi bacokan clurit dari arah kepala, borgol sebagai alat menghadapi pukulan tongkat kearah kepala dan kopelrim sebagai alat menghadapi tikaman pisau.

“Latihan bersama ini merupakan perintah langsung Kapolda Bali, agar seluruh personel Polda Bali mengikuti latihan beladiri Polri untuk mendukung tugas operasional sehingga tidak ada keraguan dalam bertindak di lapangan. Nantinya akan dilaksanakan ujian beladiri Polri setiap semester atau enam bulan sekali,” ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si., Rabu (12/7).

Penulis  : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish  : Putu Endy Diatmika

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password