Kerjasama dengan JICA, Polda Sulsel Gelar Pelatihan In-House Training (IHT) Polres Pilot Project Polda Sulsel Tingkat Polda Semi Mandiri Polmas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan Perpolisian Masyarakat, Polda Sulsel bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) menggelar In- House Training (IHT) Polres Pilot Project Polda Sulsel Tingkat Polda Semi Mandiri Polmas, di Gedung Balai Trans Jl Dg. Ramang Makassar, Selasa (11/07/17).

Pelatihan yang terjadwal selama tiga hari ini dibuka oleh Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Maupe dengan disaksikan oleh Dirbintibmas Brigjen Pol Sutarno bersama tim instruktur dari Mabes Polri dan Sub Lider JICA Brigjen Polisi Jepang Mr Izawa.

Dihadapan peserta yang terdiri dari Kasat Binmas dan Kanit serta sejumlah Bhabinkamtibmas wilayah Makassar Raya, Brigjen Pol Sutarno menjelaskan maksud kedatangan tim dari mabes yakni untuk mengawasi secara langsung jalannya pelatihan. Sebagai program lanjutan, diharapkan peserta dapat lebih memahami pelaksanaan perpolisian masyarakat (Polmas).

Peran Bhabinkamtibmas dalam polmas sangatlah besar untuk itu kesungguhan dalam menerima materi baik dari tim JICA, Mabes maupun Polda Sulsel adalah wajib, demi menghindari kekeliruan maupun kealpaan dalam tugas di lapangan.

“Ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, jangan sungkan untuk bertanya ataupun share pengalaman. Sebab dalam implementasi dilapangan harus memiliki kemampuan dan kemauan, tingkatkan promoter agar selalu siap melayani, mengayomi dan melayani masyarakat”. Pesan Brigjen Por Sutarno.

Brigjen Pol Mas Guntur Laupe selepas mengucapkan selamat datang di tanah Angin Mamiri, berpesan agar upaya peningkatan kemampuan ini jangan dianggap sepele. Mengingat besarnya hasrat masyarakat akat pemenuhan kebutuhan keamanan yang bukan mudah untuk dicapai.

Terselenggaranya Community Policing merupakan salah satu standar grand strategi POLRI 2016-2025. Dimana peran aktif harmonis masyarakat dalam penyelesaian konflik sosial mutlak diperlukan, sebab dengan keterbatasan SDM Polri tentu sulit mencapai situasi yang diidamkan.

Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan yang berbaur langsung dengan masyarakat sebagai garda terdepan tentu memiliki strategi yang sangat strategis. Maka itu, system Door To Door System atau yang seling disebut DDS harus dipahami betul dan gencar dilaksanakan. Diantaranya yakni sambaing dan kunjungan.

Sebagaimana diatur dalam Perkap No 3 Tahun 2015, Pasal 26, 27 dan 28 tentang Fungsi tugas dan Wewenang Bhabinkamtibmas yang luas tentu perlu Profesionalisme didalam pelaksaannya, inovasi yang modern dan terpercaya sebagaimana perintah Kapolri yang tertuang dalam program PROMOTER untuk mengimbangi kemajuan jaman.

“Peserta harus benar-benar menyimak setiap materi dengan sungguh-sungguh hingga akhirnya dapat menyelesaikan perkara di masyarakat, baik teori maupun praktek dan jangan lupa memohon bimbingan Allah !”

Perintah Brigjen Mas Guntur Laupe sebelum mengakhiri sambutan dan membuka secara resmi In-House Training dan mengalungkan tanda peserta Training kepada dua personel perwakilan panitia dan peserta.

Penulis : Harmeno

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password