Penasaran dengan Kecanggihan Command Center Makassar, Jenderal Mabes Polri Kunjungi Polrestabes Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Sejak diresmikan pada bulan April, Command Center Polrestabes Makassar terus mendapat respon positif dari berbagai kalangan, berbagai kunjungan pun terus datang untuk melihat kecanggihan Command Center, kini giliran Dirbinmas Koor Baharkam Mabes Polri datang melihat alat tersebut, Selasa (11/07/17).

Dir Binmas Koor Baharkam Mabes Polri Brigjen Pol. Drs. Sutarno didampingi oleh Dir Binmas Polda Sulsel Kombes Pol Drs. Markilat Heru Praseto mengunjungi Polrestabes Makassar untuk melihat Command Center Polrestabes Makassar yang terletak di lantai 2 Mako Polrestabes Makassar.

Kunjungan tersebut disambut oleh Wakapolrestabes Makassar AKBP C.F Hotman Sirait dan beberapa Polwan yang bertugas di ruang Command Center.

Kunjungan Dirbinmas Koor Baharkam Mabes Polri ke Polrestabes Makassar untuk melihat dari dekat upaya–upaya bentuk pelayanan yang ada di Polrestabes Makassar dimana terdapat ruang Command Center layanan terintegasi antara Pemda Kota Makassar serta beberapa instansi terkait  yang dipantau melalui CCTV.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Hotman Sirait menjelaskan Command Center adalah layanan terintegrasi antara beberapa instansi yang dipantau melalui CCTV di Polrestabes Makassar untuk memberi bantuan kepada masyarakat, baik itu dalam hal keamanan, situasi arus lalu lintas, dan lain-lain.

Wakapolrestabes Makassar AKBP Hotman Sirait juga menyampaikan Command Center tersebut juga akan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Saat ini sudah ada ratusan CCTV yang terpasang di wilayah Kota Makassar dan diharapkan dapat membantu petugas keamanan,” Pungkasnya.

Selain mampu memantau situasi Kota Makassar dengan koneksi CCTV, command centre juga memiliki layanan seperti panic button untuk masyarakat. Panic button ini digunakan masyarakat untuk menyampaikan indikasi atau melaporkan jika terjadi kejahatan kriminal.

Saat peresmian, Command centre telah terkoneksi dengan 350 CCTV di beberapa titik lokasi di kota Makassar, dan rencananya di akhir tahun 2017 target CCTV terpasang sebanyak 900 titik.

Dengan adanya dukungan Command centre diharapkan pelaksanaan tugas oleh Polri khususnya Polrestabes Makassar secara preemtif dan preventif dapat mencegah, menghambat dan menghentikan tindakan pelaku kejahatan yang sedang berupaya atau sedang melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum.

Selain itu juga untuk melindungi masyarakat dari ancaman perbuatan atau perbuatan pelaku kejahatan yang dapat menimbulkan korban jiwa maupun kerugian harta benda, sehingga akan terciptaknya rasa aman bagi masyarakat. Kehadiran aparat kepolisian diberbagai tempat sangat dibutuhkan untuk mencegah munculnya gangguan kamtibmas.

Respon cepat yang diberikan aparat kepolisian atas berbagai laporan/ pengaduan masyarakat dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat atas kinerja pelayanan Polri. Meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri selanjutnya akan mendorong berkembangnya dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas.

Keberhasilan pelaksanaan pencegahan kejahatan akan memberikan dampak meningkatnya kinerja pelayanan kamtibmas Polri secara nasional. Keberhasilan pencegahan kejahatan selanjutnya akan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi tercapainya tujuan Polri.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password