Hari Bhayangkara ke 71, Kapolri Jamu 10 Kepala Kepolisian Asean

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri, Kapolri Jenderal Pol Drs M Tito Karnavian, MA, PhD, mengundang para kepolisian Asean makan malam di Auditorium Mutiara, STIK PTIK, Senin (10/07/2017). Jamuan santap malam ini dihadiri oleh 10 kepala kepolisian Asean, Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Brunai Darussalam, Vietnam, Cina, Timor Leste, Australia, New Zealand dan Jepang.

WhatsApp Image 2017-07-11 at 07.31.36 (1)Kapolri dengan hangat menyapa tamu undangan yang diawali dengan ucapan terima kasih pada para tamu undangan yang telah hadir. Ditambahkan Kapolri, mengucapkan terima kasih pada senior Polri yang telah membesarkan Polri, dari polisi masih kecil sampai besar seperti sekarang. Selanjutnya Kapolri menjelaskan sejarah singkat tentang peringatan Hari Bhayangkara. Tahun 1945 Polri diserahkan oleh Jenderal Muhamad Yasin kepada Bapak Soekarno. Kepolisian pasca penjajahan Jepang tersebar di beberapa daerah dan dikelola oleh Perdana Menteri. “Pada tanggal 1 Juli 1946, kepolisian yang tersebar disatukan menjadi polisi nasional dan ditempatkan di bawah presiden,” ujar Kapori. Sehingga sudah tepat saat ini Polri berada di bawah presiden, karena sempat ada wacana polisi kembali di bawah perdana menteri. “Kami berterima kasih pada Pak Awaludin yang terus menjaga Polri dan mengingatkan kenapa Polri tetap di bawah presiden,” tambah Kapolri.

WhatsApp Image 2017-07-11 at 07.31.34Polri sekarang memiliki personel lebih dari 430 personel yang tersebar di 33 Polda, menjadikan Polri sebagai organisasi Polisi terbesar nomor 2 setelah Cina. Disamping tugas pokoknya sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum dan pelindung pengagom dan pelayan masyarakat, polisi juga diamanatkan sebagai penjaga keamanan dalam negeri.

Lebih lanjut Kapolri menjelaskan bahwa para pimpinan Polri memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan Polri dan terus membesarkannya. Hal ini dapat terwujud apabila semua pimpinan Polri memiliki visi yang sama. Sehingga kepercayaan publik yang telah kita raih saat ini tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan. “Kita masih pekerjaan besar tahun depan untuk pilkada dan 2018 untuk pemilihan legislatif dan pilres, untuk ini kita terus tingkatkan soliditas internal dengan singkirkan segala perbedaan” lanjut Kapolri

Mengakhiri sambutannya, Kapolri meminta dukungan kepada para senior dan sesepuh Polri agar jangan ditinggalkan dan tetap diawasi, agar Polri tetap berada di jalur yg benar. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para counterpart negara sahabat, para era globalisasi ini diharapkan dapat terus meningkatkan kerjasama dalam penanangan dan penanggulangan kejahatan lintas negara.

Jamuan santap malam dimulai dengan toast untuk persahatan dan kesejahteraan yang dipimpin oleh Kapolri. Para tamu undangan disajikan menu Indonesia, termasuk menikmati nasi nusantara. Mereka nampak menikmati menu yang dihidangkan sambil mendengarkan lagu-lagu dari beberapa negara sahabat dan lagu tradisional Indonesia.

Penulis: Tim
Editor: Umi Fadilah
Publish: Alam /Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password