Reformasi Polri yang Menyeluruh dan Konsisten adalah Keniscayaan Sekaligus Kunci Hadapi Masa Depan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-71 tahun 2017 ditandai dengan upacara di halaman Polres Trenggalek yang ikuti oleh 450 peserta dari berbagai instansi pemerintah, organisasi masyarakat, pelajar dan Pramuka, Senin (10/07).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek H Samsul Anam SH, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arm Bayu Argo Asmoro, Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Umaryadi SH, MH,  Ketua Pengadilan Negeri Trenggalek Ahmad Vyrza Rudiansyah SH, CN, Wakil Bupati Trenggalek M Nur Arifin, Ka BNNK Trenggalek AKBP Akik Subki dan kepala OPD se-Kabupaten Trenggalek.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si, perwira upacara Kompol Mukalam, SH dan komandan upacara AKP M. Zainal Arifin S.sos.

Dalam sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Kapolres Trenggalek mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-71 kepada seluruh anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dimanapun berada dan bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sepanjang 71 tahun sejarah pengabdian kepada bangsa dan negara, Polri telah banyak berperan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Kita semua juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri, dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negeri. Keberhasilan polri dalam penanganan terorisme, pemberantasan penyalahgunaan Narkoba, pengungkapan kasus menjadi perhatian publik serta mengamankan berbagai agenda baik yang bersifat nasional maupun internasional, telah mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat dan dunia internasional.

Presiden berharap peringatan Hari Bhayangkara bukan sekedar menjadi perayaan, tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan refleksi dini, Polri bisa melihat lagi bukan hanya keberhasilan yang telah dicapai, namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan selama ini. Kelemahan dan kekurangan itu harus dilihat sebagai tantangan untuk memperbaiki diri, untuk melakukan perubahan yang positif serta untuk terus melakukan upaya reformasi institusi polri secara menyeluruh dan konsisten” ucap AKBP Donny dihadapan peserta upacara dan tamu undangan lainnya.

Presiden juga menekankan bahwa reformasi Polri yang menyeluruh dan konsisten adalah keniscayaan dan sekaligus kunci menghadapi masa depan. Reformasi harus bersifat menyeluruh karena didalamnya mencakup perubahan positif dari hulu sampai hilir, didalamnya memuat perubahan mindset, perubahan sistem dan kelembagaan, perubahan manajerial sampai dengan perubahan perilaku yang lebih profesional. Muara akhir dari perubahan itu, kita harapkan akan lahir anggota Polri yang semakin profesional, yang dipercaya oleh masyarakat serta yang mampu memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, AKBP Donny dan Forkopimda menyerahkan secara simbolik kendaraan operasional Bhabinkamtibmas serta trofi dan piagam penghargaan kepada polsek jajaran yang berhasil meraih juara dalam berbagai lomba yang digelar dalam rangka hari Bhayangkara ke-71, diantaranya lomba kebersihan Mako yang dimenangkan oleh Polsek Kampak, Bendungan dan Dongko. Lomba bola voli dijuarai Satsabhara, gabungan staf polres dan Rayon 4. Lomba Asmaul Husna oleh Polsek Bendungan, Polsek Durenan dan Polsek Kampak serta lomba olah TKP yang dimenangkan oleh rayon 3, rayon 2 dan rayon 1.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Umi Fadilah
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password