Miskomunikasi Antar Warga, Tiga Personil Polsek Jawai Berikan Problem Solving

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sambas. Sabtu (08/07/2017) jam 12.30 wib Bertempat di Kediaman Rumah Kepala Desa Parit Setia Sdr. Ahyar Yusuf telah dilaksanakan giat Problem Solving terkait terjadinya salah paham Miskomunikasi antara perangkat Desa Parit Setia dan Pendakwah dari Amal Da’wah Tabligh Akbar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Parit Setia dibantu oleh Bripka Cahyono Selaku Ka Spkt yang piket bersama Brigpol Dicky Permana, selanjutnya Kepala Desa Parit Setia ( Ahyar Yusuf), Kadus Ujung Timur Desa Parit Setia ( Rahim), Ketua Rt. 16 Dusun Ujung Timur Ds. Parit Setia ( Udang ), Tokoh Agama ( H. Topa, dan Minhani), Tokoh Pemuda ( Halim Arban) dan Perwakilan Amal Da’wah Tabligh Akbar ( Mukhlis ).

Kejadian ini bermula Menurut Kepala Desa Parit Setia ada laporan dari warganya pada Hari Kamis Tanggal 6 Juli 2017 bahwa ada 5 orang warga yang tidak dikenal dengan pakaian jubah muslim tinggal di Masjid Sirratul Mustaqin Dusun Ujung Timur kemudian Kepala Desa Bersama perangkatnya Kadus Ujung Timur dan pengurus masjid datang untuk menyampaikan keresahan warganya kepada 5 orang Tabligh Akbar agar segera keluar dari mesjid setelah Solat Ashar.

Dikarenakan tidak mempunyai ijin atau tidak melaporkan bahwa ada warga dari Luar Kec Jawai melakukan aktivitas di Masjid dgn menginap, mandi, dan masak di Mesjid sehingga membuat suasana tdk nyaman dan resah di kalangan warga Desa Parit setia terutama warga yg berdomisili di sekitar Masjid SIRRATUL MUSTAQIEN tersebut.

Namun setelah 3 hari pengurus Masjid melaporkan kegiatan da’wah tersebut masih bejalan dengan mengunjungi dari rumah ke rumah warga dengan maksud mengajak solat berjamaah dan meramaikan masjid tersebut.

Hasil dari Laporan tersebut Kepala Desa menghubungi Bhabinkamtibmas Polsek Jawai Ds Parit Setia Brigadir NURUL Kemudian Atas Petunjuk Bpk Kapolsek Jawai Iptu Prambudi untuk segera di Sambangi dan Di Adakan Giat PROBLEM SOLVING perihal diatas untuk dilaksanakan giat Pemecahan masalah Sosial sehingga cepat di antisipasi tdk timbul gesekan antar warga sekitar Masjid Sirratul Mustaqien Ds Parit Setia Kec. JAWAI dgn 5 Org Pendakwah Tablig Akbar dari Provinsi Pontianak dapat tercapai kesepakatan dan secara musyawarah agar tidak timbul hal hal yang tidak diinginkan.

Dari pihak kepolisian melakukan antisipasi dengan cara Melakukan koordinasi dengan kepala desa Parit Setia dan perangkatnya, Melakukan koordinasi Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, Melakukan koordinasi dengan Tabligh Akbar dengan perwakilannya dalam menghadiri giat mediasi tersebut dqn Memberikan himbuan dan penjelasan terkait terjadinya kesalah pahaman atau diskomunikasi antara perangkat Desa dan Tabligh Akbar.

Hasil daripada pertemuan Problem Solving kali ini Dari Perwakilan Tabligh Akbar mengakui kesalahannya tidak melaporkan kepada Kepala Desa maupun Perangkat Desa atas kedatangannya, Kepala Desa memberikan ijin Sampai hari Senin pagi kepada Tabligh Akbar dalam kegiatannya dengan penanggung jawab tingkah laku oleh Tokoh Agama H. Topa dan Sesuai kesepakatan bersama Sampai Waktu Hari Senin tgl 10 Juli 2017 Jamaah Tablig Akbar Harus segera meninggalkan Daerah Ds Parit Setia Kec Jawai.

Bhabinkamtibmas Brigpol Nurul Afriyanto menjelaskan bahwa apabila masuk kerumah orang haruslah kita permisi kepada tuan rumah, hal inilah yang terjadi sehingga permasalahan ini timbul. Terangnya

Selesai kegiatan situasi aman dan terkendali tidak ada gangguan suatu apapun.

Penulis : Cahyo
Editor : Umi Fadhilah-Sugeng Hs
Publis : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password