Tim Pedayung Kabupaten Kulonprogo Raih Juara Pertama Festival Perahu Naga

tribratanews.polri.go.id -Jogja, sebanyak 20 tim Pedayung Perahu Naga dari berbagai wilayah DIY dan sebagian Jawa Tengah beradu meramaikan ajang tahunan yang digelar Persatuan olahraga Dayung Indonesia (Podsi) DIY yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Bantul dan DIY di Laguna Pantai Depok, Bantul, Minggu (9/7/2017).

Satu tim dayung sendiri terdiri dari 12 orang dengan sebanyak 10 orang pendayung. Sementara dua orang lainnya bertugas sebagai pengendali arah dan penyemangat atau penabuh.

Dilansir dari CDNnews disampaikan Ketua Umum Podsi DIY, Martoyo, mengatakan sejumlah peserta tak hanya berasal dari DIY, namun juga ada dari Cilacap dan Purworejo. Termasuk juga Pol Air DIY, TNI serta Mapala. Untuk teknis perlombaan sendiri mengacu pada lomba nasional dengan batas umur minimal kelahiran 1993.

“Untuk jarak sebenarnya sesuai aturan nasional 500 meter, namun karena sulit mencari trek lurus sepanjang itu maka kita hanya menggunakan jarak 400 meter,” katanya Minggu (08/07/2017).

8e79c7ff-1c18-45e8-b876-9a7e670834bd

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pariwisata Bantul, Aria Nugrahadi, mengatakan penyelenggaraan ajang Festival Perahu Naga ini memiliki banyak manfaat. Baik dari sisi pariwisata, budaya maupun olahraga prestasi.

“Selain dapat menjadi daya tarik wisata. Ajang ini juga untuk meneguhkan budaya DIY yang plural. Seni budaya tumbuh dan berkembang tanpa adanya gesekan. Sementara dari sisi olahraga, ajang ini juga dapat memacu dan menumbuhkan bibit atlit dayung di DIY,” katanya.

Pada perlombaan Perahu Naga tersebut jatuh sebagai pemenang pertama dari Tim Pedayung Kulonprogo, kemudian juara ke-2 dari tim pedayung Kabupaten Bantul dan sebagai juara ke-3 tim pedayung dari kabupaten Gunungkidul.

penulis : Rendi Jogja
editor : Umi Fadilah
publish : jay Jogja
sumber : CDNnews

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password