Kapolsek Serawai Hadiri Penancapan Tiang Pertama Balai Adat Desa Muara Kota

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Sintang, Bertempat di Lokasi Penancapan tiang pertama balai adat desa muara kota Kec. Serawai, Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno M.med.Ph beserta rombongan Kadis dan Forkopimcam Kec. Serawai melaksanakan penancapan tiang pertama pembangunan Balai Adat Desa Muara Kota, Jumat (7/7/2017).

Dalam sambutannya K. Ngawan selaku Ketua Panitia penancapan tiang pertama rumah adat desa muara kota Kecamatan Serawai Kab. Sintang, mengatakan maksud dan tujuan penancapan batu pertama balai adat ini sebagai wujud awal fasiltas plestarian adat istiadat di desa muara kota.

“Ini merupakan momentum bagi kami masyarakat desa muara kota kedepannya sebagai wadah pelestarian adat dan budaya masyarakat”.

Selain itu dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sintang yang telah memberikan ruang bagi masyarakat adat untuk membangun rumah adat sabagai wadah harmonisasi masyarakat di desa ini dengan melestarikan adat dan budaya setempat.

Selaku Pemerintah Kabupaten Sintang tetap dan Wajib mendukung pembangunan balai adat desa, kami support yang optimal. Pada dasarnya ada 3 tingkatan perjuangan masyarakat untuk memperjuangkan haknya yaitu menjaga kearifan lokal, melestarikan adat istiada budaya dan mengembangkan adat budaya demikian Bupati Sintang Dr. H. Jarot Winarno,M.Med.Ph dalam sambutannya.

Lebih jauh dikatakannya, kegiatan pembangunan balai adat, gawai, kita sudah pelajari seluruhnya yang merupakan kearifan lokal warisan budaya semua baik, yang menjaga keseimbangan antara masyarakat adat dengan alam sekitarnya dan dengan suku yang ada lainnya, semuanya baik, sehingga masyarakat dapat menjadikan adat sebagai cara hidup, mengedepankan musyawarah, selaras dengan alam, semuanya baik, kegiatan seperti ini membuat rumah adat termasuk baik dalam halnya melestarikan adat dan budaya. Perjuangan masyarakat adat adalah kemanusiaan, ingin tunjukan kepada dunia bahwa kita masyatakat adat seperti manusia yangg lain berbudaya tinggi, memiliki adat mampu hidup bersanding dengan manusia yg lain tanpa membedakan suku budaya yg lain, memanusiakan masyarakat, kita juga ingin dihargai, Perjuangan keadilan.

Masyarakat budaya tinggi, sama dengan manusia lain, ingin diberikan keadilan, kesempatan yang sama untuk berdiri di garis yang terdepan untuk memajukan negara ini, kalau yang lain diberikan pembangunan kita juga harus diperlakukan secara adil, namun kita juga harus siap memberikan perlakuan yang adil untuk yang lainnya,”jelas Bupati Sintang.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut ang hadir dalam giat tersebut Wakil Ketua DPRD Kab. Sintang Sandan S.Sos M.Si. Anggota Dewan Kab. Sintang Dapil Serawai Ambalau Guntur S.E., Kadis PU Kab. Sintang Murjani S.T M.T, Kadis Perhubungan Drs. Hatta M.Si., Kadis Kesehatan Kab. Sintang dr. Harsinto Linoh, Kadis Disperindag Kop Kab. Sintang Sudirman S.Sos, Kasat Pol PP dan Damkar Kab. Sintang Martin Nandung, Camat Serawai yang mewakili Sekcam H.Rapael Nurdin, Kapolsek Serawai IPTU Sukaif, Danramil Serawai Yang mewakili KOPDA Sumidin serta Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Serawai Iptu Sukaif menyampaikan bahwa Polsek Serawai sangat mendukung semua kegiatan pembangunan yang ada di Kecamatan Serawai, termasuk pembangunan rumah Adat Dayak.

“Pada prinsipnya Polsek Serawai sangat mendukung atas pembangunan rumah Balai adat tersebut, karena rumah Balai adat ini nantinya sangat bermamfaat buat masyarakat Serawai,”imbuhnya.

Penulis : Alexsius H
Editor : Umi Fadilah
Puslish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password