Polsek Kuala Behe Bersama Unsur Muspika Melakukan Sosialisasi Untuk Tidak Melakukan Penambangan Tanpa Ijin (PETI)

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar – Polres Landak – Demi menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga ekosistimnya Muspika Kecamatan Kuala behe hari Jumat (7/7/17) melakukan upaya Pre-emtif dan Prefentif dengan melakukan sosialisasi dan membuat himbauan kepada masyarakat Desa Kuala behe dan Desa Semedang Kecamatan Kuala behe Kabupaten Landak, untuk tidak melakukan tindakan/melakukan pekerjaan Penambangan Tanpa Ijin (PETI) baik Emas, Intan maupun pasir.

Sosialisasi dan himbauan tersebut di lakukan di dua tempat yaitu dusun Belimbing Desa Kuala behe dan di Desa Semedang Kecamatan Kuala behe Kabupaten Landak, yang di ikuti / di hadiri Camat Kuala behe Sudiro, SH MH, Danramil Kecamatan Air besar / Kecamatan Kuala behe Pelda Lontas Bangun, Kanit Reskrim Polsek Kuala behe Aipda Yohanes Yuda (mewakili Kapolsek), Bhabinkamtibmas Desa Semedang Brigadir Anuar Sadat, Kepala desa Semedang, Kepala dusun Syahbandar, Kepala dusun Sepangok, Kepala dusun Kurnia, Kepala dusun Senggang dan Kepala dusun Belimbing.

Camat Kuala Behe menjelaskan kita semua harus menjaga keaslian dan kelestariannya alam sekitarnya dengan tidak melakukan penambangan tanpa ijin, sebab dampak lingkungannya sangat besar dan bisa merusak lingkungan hidup.

Danramil menambahkan “masyarakat tidak bekerja sebagai penambang tanpa ijin sebab mengganggu lingkungan”

Kanit reskrim polsek Kuala behe menghimbau kepada para hadirin semua bahwa apa yang telah di sampaikan oleh Pak Camat dan Pak Danramil itu benar adanya, bahwa dampak penambangan tanpa ijin sangat merusak alam disekitarnya, salah satu diantaranya pencemaran air sungai-sungai akibat bahan Mercury.

“di samping itu tindakan melakukan penambangan tanpa ijin kepada pelakunya baik perorangan maupun korporasi di ancam pidana penjara berdasarkan pasal 161 Undang-undang no. 4 tahun 2009 tentang Minerba” tegas Kanit Reskrim.

Penulis : Yohanes Yuda
Editor : Umi Fadillah / Sugeng HS
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password