Kapolsek Serawai : Adanya Rumah Sakit Pratama Serawai, Ringankan Beban Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sintang, Bertempat di Lokasi Pembangunan Rumah Sakit Pratama Desa Mekar Sari Kec. Serawai telah dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Serawai, Jumat ( 7/7/2017 ).

Pembangunan tersebut rencananya akan selesai pada tanggal 15 Oktober 2017 dan sebagai pelaksana proyek adalah PT. Angga Batu Jaya Pontianak dengan penanggung jawab Sdr. Eko.

Dalam kesempatan peletakan batu pertama tersebut Bupati Sintang Dr. H. Jarot. M. Med, Ph.didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Sintang Sandan, S. Sos.dan Anggota DPRD Dapil Serawai Honoratus Guntur, serta dihadiri oleh Kepala Dinas PU Kab. Sintang Murjani, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sintang Dr. Harsinto Linoh dan Kades Muara Kota Achmad Kordi.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sintang menyampaikan bahwa pembangunan rumah sakit rujukan di wilayah Serawai ini berguna untuk meminimalisir perawatan bagi masyarakat di Kecamatan Seeawai yang akan berobat ke Kota Sintang.

“Jadi yang berada di wilayah hulu seperti Ambalau, Serawai yang ingin berobat tidak perlu ke Sintang, cukup ke RS.Pratama, dan bisa nantinya dirujuk ke RS Sintang jika penyakitnya memang harus dirujuk” papar Jarot.

Dikatakannya membangun RS.Pratama ini memiliki tingkat kesulitan, membutuhkan presisi seperti ketebalan bangunan, kekuatan bangunan, memiliki standar pelayanan mutu yang tinggi sehingga pembangunan RS.Pratama di Serawai ini harus bisa dan sama persis dengan rumah sakit pratama yang lainnya, baik itu dari segi bangunan, sarana dan prasarananya, harus disiapkan baik-baik. Didalam dunia kesehatan dikenal dengan adanya akreditasi, yang dimana harus ada pelayanan mutu kesehatan kepada masyarakat harus terlayani dengan baik, maka dari itu pembangunan RS Pratama ini dibangun. Yang kedua kesulitan membangun RS.Pratama ini yaitu akses menuju ke lokasi pembangunan RS yang berada di kec.serawai ini ialah infrastruktur jalan darat yang masih belum begitu baik, sehingga mobilisasi material sarana prasarana menjadi kendala, tetapi apapun yang terjadi progres pembangunan RS Pratama ini harus selesai pada tanggal 15 November 2017, dan kemungkinan pada akhir november saya akan meresmikan langsung, kata Bupati Sintang ini.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek serawai Iptu Sukaif menyampaikan bahwa dengan adanya Rumah Sakit Pratama ini tentunya sangat membantu warga masyarakat Serawai dan sekitarnya bahkan hingga ke kecamatan terdekat lainnya seperti Ambalau. Dan ini menurutnya sangat meringankan beban dalam sisi pembiayaan yang tandinya harus berobat ke Kab.Sintang tapi nantinya cukup di Kec. Serawai saja.

“Kami sangat mendukung penuh pembangunan rumah Sakit Pratama tersebut karna sangat membantu meringankan beban biaya masyarakat yang ada di wilayah Serawai dan Ambalau, sebab kalau mau berobat ke Sintang tentu biayanya besar karena transportnya mahal,” pungkas Iptu Sukaif.

Penulis : Har/Alexsius H
Editor : Umi Fadilah
Puslish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password