Geledah Rumah Pembuat Miras Oplosan Bermerek, Polres Jayapura Kota Amankan Ratusan Botol Miras

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Anggota Satuan Narkoba Polres Jayapura Kota dan Polsek berhasil menggerebek sebuah rumah yang diduga sebagai tempat pengoplosan Minuman Keras  (Miras) Oplosan bermerek, di jalan  baru Pantai Enggros lorong Bar Vista, Kelurahan Entrop, distrik Jayapura Selatan, Senin (3/7) lalu.

Dari hasil penggeledahan, Anggota Polres Jayapura Kota berhasil mengamankan barang bukti berupa 105 botol minuman keras Oplosan jenis Black Label, 16 botol Civas, 70 botol kosong merek Red Label, 31 botol kosong merek dos kosong, delapan buah tutup botol civas,  tiga botol kosong black label, 2 botol kosong civas, 3 botol air mineral yang diduga berisikan minuman oplosan, 3 gelas ukur, 3 sorong, 1 buah jeriken berisikan Alkohol Murni, satu jerigen berisikan minuman oplosan yang sudah di racik serta satu buah coolbox yang diduga sebagai tempat penyimpanan minuman oplosan.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Marison Tober H.Sirat, Sik, MH dalam Press konference di Mapolres Jayapura Kota dihadapan Para awak media menyebutkan, pengungkapan kasus ini ketika ada laporan salah satu warga berinisial MM bahwa teman minumnya K yang meninggal setelah mengonsumsi miras oplosan tersebut, sehingga pihaknya melakukan penyelidikan dan berhasil membongkar kasus pengoplosan minuman keras bermerek ini.

“Kami berhasil mengamankan lima orang yang di duga kuat mengetahui hal tersebut, dan kini kelima orang tersebut masih dalam pengawasn pihak kepolsian Polres jayapura Kota dengan dikenakan wajib lapor, sedangkan untuk pelaku sendiri kami sudah mengetahui identitasnya berinisial MA,” pungkas Kapolres, Jumat (7/7) sore.

Geledah Rumah Pembuat Miras Oplosan Bermerek, Polres Jayapura Kota Amankan Ratusan Botol Miras-

Kapolres menuturkan, kasus pengoplosan minuman keras ini dilakukan pelaku yang sangat profesional. Dikarenakan kalau dibandingkan dengan minuman aslinya sangat mirip, mulai dari kemasan hingga segel botol serta stiker Cukainya. Selain itu juga pelaku sendiri pernah bekerja di salah satu bar yang ada di Jayapaura, sebagai Manager.

“Kasus pengoplosan minuman keras ini merupakan modus yang canggih dilihat sepintas dan tanpa di ketahui minuman ini mirip dengan minuman asli karena memiliki label dan bea cukai, namun sejauh ini masih diuji Balai POM dan hasilnya belum diketahui. Namun dari pengamatan kita, diduga alkohol yang dikandung minuman oplosan itu diatas 30 persen hingga ada korban jiwa. Kami masih menunggu hasil dari uji laboratorium tersebut,” jelas Kapolres.

Lanjut Kapolres, kelima orang yang telah diamanakan dan dikenakan wajib lapor tersebut merupakan kelinci percobaan dari pelaku. Namun tidak menutup kemungkinan kelima orang yang telah diamankan akan ditetapkan sebagai tersangka apabila ada cukup bukti, setelah pelaku MA ditangkap dan diminta keterangan.

“Diduga kuat pelaku sudah melarikan diri ke luar Papua, namun kami akan mengejar pelaku guna menangkapnya. Pelaku sendiri akan kami kenakan beberapa Pasal, termaksud pemalsuan Bea cukai. Serta meminta keterangan dari pelaku sejauh mana keterlibatan kelima orang yang sementara dijadikan saksi,” kata Kapolres Jayaura Kota Akbp Tober Sirait.

Penulis             : J.Rumra/Roygen
Editor               : Umi Fadilah
Publisher         : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password