Bhabinkamtibmas polsek Semitau Meningkatkan Giat Kampanye / Sosialisasi Karhutla

 

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Jum’at 07/7/2017 pukul 09.00 wib bertempat di Desa Kenerak Kecamatan Semitau Bhabinkamtibmas Brigadir Ade Kristian Dawel melaksankan kampanye / Sosialisai tentang Larangan pembakaran Hutan dan Lahan.

Saat ditemui diruang kerjanya Kapolsek Semitau IPDA Dayan mengatakan selain kegiatan rutin Bhabinkamtibmas seperti DDS, Bhabinkamtibmas juga melaksanakan kampanye / sosialisai tentang larangan pembakaran Hutan dan Lahan menjelang musim kemarau. Kegiatan kampanye / sosialisasi ini kita laksanakan bertujuan untuk pencegahan awal dan memberikan pemahaman kepada Masyarakat untuk tidak membakar Lahan dan Hutan saat membuka lahan pertanian. Semoga dengan kegiatan kampanye / Sosialisasi larangan pembakaran Hutan dan Lahan ini bisa mengurangai aktivitas pembakaran Lahan dan Hutan kedepan di wilayah Kecamatan Semitau terang IPDA Dayan.

Dalam kegiatan tersebut Brigadir Ade Kristian Dawel menjelaskan tentang Dampak dan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan kepada Masyarakat dan mengajak Masyarakat berperan aktif dan bersama – sama untuk mencegah pembakaran Hutan dan Lahan pada saat membuka lahan ladang dan kebun.
karena dampak dari pembakaran Hutan dan Lahan tersebut tidak baik bagi diri kita, orang lain, kesehatan karena dapat memimbulkan bermacam macam penyakit seperti ISPA dan dapat mengakibatkan kita tersangkut dengan masalah hukum karena untuk sanksi kepada para pelaku pembakaran hutan dan lahan sangat lah berat dapat di tuntut dengan hukuman penjara 15 tahun dan denda 5 milyar rupiah sesuai yang di atur dalam UU no 41 Th 2009 tentang Kehutanan, UU no 32 Th 2009 tentang Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan hidup dan UU no 39 Th 2014 tentang perkebunan serta Kepres No 11 tahun 2016″ ungkap Brigadir Ade Kristian Dawel.

“Di sela-sela kampnye / Sosialisai larangan pembakara hutan dan lahan Brigadir Ade Kristian juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan mengajak Masyarakat Desa Kenerak untuk bersama – sama memelihara Kamtibmas di Lingkungan masing -masing dan menjadi Polisi bagi dirinya sendiri serta menumbuhkan kerjasama yang baik antara Polri dan Masyarakat untuk menjalin kemitaraan yang baik antara Masyarakat dengan Kepolisian kedepanya” ujar Ade Kristian Dawel.

Penulis : Mahadi Edma
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password