Aipda Abu Hair SH, Dari “Ershi” di Sampali Menuju Angkatan 47 di Sukabumi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel. Aipda Abu Hair SH yang hingga saat ini, juli 2017 telah genap 16 Tahun mengabdi dalam tugas sebagai anggota Polri, untuk melindungi, mengayomi, melayani dan menegakkan hukum demi memberikan rasa keadilan kepada masyarakat.

Selama pengabdiannya, Aipda Abu Hair SH telah bertugas sebagai penyidik Satuan Reserse Kriminal Umum selama 14 Tahun.

Dengan berbekal pengalaman tersebut, predikat sebagai salah satu penyidik terbaik dan berpengalaman sudah tentu melekat pada dirinya, sehingga telah beberapa kali mendapatkan reward, sebagai bentuk penghargaan dari pimpinan, untuk kategori anggota Polri yang berprestasi dan memiliki dedikasi tinggi terhadap pelaksanaan tugas Pokoknya.

Menjadi salah satu penyidik andalan Satreskrim Polres OKI tidaklah mudah, selain harus menguasai ilmu penyidikan, pengalaman, kemampuan bekerja dengan tekanan tinggi dalam menangani kasus tindak pidana, seorang penyidik Satreskrim harus selalu dapat mengendalikan dirinya, sehingga tetap hidup dalam kondisi yang stabil, baik di kantor maupun keluarga.

Saudara Abu Hair SH kini sudah menyandang pangkat baru, dikarenakan terhitung mulai tanggal 1 juli 2017 telah dinaikkan satu tingkat lebih tinggi dari yang sebelumnya masih berpangkat Bripka.

Brigadir yang merupakan putra asli kota Medan ini adalah salah satu anggota Polri lulusan dari Sekolah Polisi Negara Sampali (SPN SAMPALI) Polda Sumatera Utara tahun 2001, dengan nama angkatan ERSHI diseluruh nusantara.

Selama 6 bulan menjalani pendidikan pertama bintara (Dikmaba) Polri, Aipda Abu Hair yang saat itu masih berpangkat Bripda, mendapatkan penempatan tugas pertamanya di Polda Sumatera Selatan (Polda Sumsel).

Di Polda Sumsel, Bripda Abu (panggilan akrabnya) kemudian ditempatkan di Polres OKI pada september 2001, hingga pada tahun 2002 mengikuti penugasan khusus di daerah Aceh.

Selama 6 bulan bertugas di Aceh, Bripda Abu kembali ke Polres OKI, dan sebagai penghargaan kepadanya, pimpinan memberikan rekomendasi untuk memilih akan bertugas di fungsi apa, sehingga jatuhlah pilihannya kepada Satuan Reserse Kriminal Umum, dan ditugaskan pada unit pidana umum (Unit Pidum), hingga sekarang ini.

Aipda Abu Hair SH saat diwawancarai terkait kenaikan pangkatnya ini, Jum’at (07/07) diruang kerjanya pada Unit Pidum Satreskrim Polres OKI menyampaikan, bahwa pangkat ini adalah amanah yang harus dilaksanakan, semakin tinggi pangkat, maka semakin besar pula amanah yang harus di emban.

“Harapan saya sebenarnya tahun ini sudah menyandang pangkat Ipda (Perwira), karena dengan tahun ini saja, saya sudah 5 (Lima) kali mengikuti seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP), akan tetapi nasib berkata lain, dan saya yakin Tuhan Yang Maha Esa punya rencana yang lebih baik lagi buat saya serta keluarga, tidak tahun ini, Insya Allah tahun 2018 saya diijinkan ALLAH SWT bergabung di angkatan 47 Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol) Sukabumi Jawa barat, aamiin,,,, aamiin,,,, aamiin,,,, yaa robbal alamiin”. Doa Ayah dengan 2 orang anak ini.

Penulis : Ilham (WAP 45)/ Polres OKI
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Ilham (WAP 45)/ Polres OKI

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password