Kanit Reskrim Polsek Subah Mediasi Sengketa Lahan di Desa Sabung Kecamatan Subah

 

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar.Polres Sambas-Subah, Kamis (6/7/2017) pukul 09.00 wib di Balai Pertemuan Desa Sabung Kecamatan Subah, Kanit Reskrim Polsek Subah, Bripka Masroni menghadiri mediasi permasalahan sengketa lahan di Desa Sabung, antara saudara Lorensius Naga, selaku pihak yang mengklaim lahan dan saudara Marius Unyil, selaku pemilik lahan yang diklaim.

Hadir dalam pertemuan mediasi tersebut, selain Kapolsek Subah yang diwakili oleh Bripka Masroni dan kedua belah pihak yang bersengketa yaitu Pj. Kades Sabung, Bapak Albert Matraye, Ketua Dewan Adat Dayak Desa Sabung, Bapak Rudi, saudara Budin, saksi yang mengetahui asal usul lahan yang disengketakan dan saksi – saksi lainnya yang berjumlah 3 (tiga) orang.

Pada saat memberikan sambutan dalam pertemuan tersebut, Bripka Masroni menekankan bahwa agar dalam proses mediasi ini dapat dilaksanakan dengan tertib, kepala dingin dan tidak mudah tersulut emosi apabila ada perbedaan pendapat diantara pihak yang bersengketa dan diharapkan permasalahan sengketa lahan ini dapat diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.

Masroni menuturkan bahwa selama proses mediasi berlangsung, terhadap kedua belah pihak yang bersengketa menjelaskan asal usul penguasaan lahan mereka masing – masing berikut dengan menggambarkan letak posisi patok yang diperkuat oleh saksi – saksi yang mereka hadirkan dihadapan Pj. Kepala Desa Sabung, Ketua Adat dan undangan yang hadir. Setelah mendapatkan gambaran mengenai tata letak patok masing – masing lahan yang diklaim, terhadap para pihak yang bersengketa maupun Pengurus Desa, Adat dan pihak perwakilan Polsek Subah sama – sama melakukan pengecekan dilapangan, untuk melihat kondisi rell tata letak patok masing – masing lahan dari pihak yang bersengketa. Dan, setelah dilakukan pengecekan di lapangan dengan menghadirkan saksi – saksi yang mengetahui tentang asal usul patok lahan maupun batas – batas lahan yang disengketakan, akhirnya kedua belah pihak yang bersengketa yaitu saudara Lorensius Naga dan saudara Marius Unyil menyepakati hasil pengecekan tata letak patok dan batas – batas berdasarkan keterangan saksi – saksi yang mengetahui asal usul lahan tersebut dan kemudian diakhiri dengan pembuatan berita acara kesepakatan diantara kedua belah pihak yang bersengketa di Kantor Desa Sabung Kecamatan Subah. Imbuhnya

Penulis : Budi Prayitno
Editor. :Umi Fadhilah/Sugeng Hs
Publish :Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password