Pelanggar Lalu Lintas Diharuskan Lengkapi Kendaraan Sesuai Standar

whatsapp-image-2017-01-09-at-12-04-31

Polda Jateng – Dalam rangka menjaga ketertiban lalu lintas dijalan, Satlantas Polres Banjarnegara melaksanakan razia kendaraan, Sabtu (6/1/2017)

Sesuai surat perintah tugas dari pimpinan, anggota sat lantas dalam pelaksanaan razia dapat memeriksa kendaraan berupa kelengkapan surat -surat kendaraan maupun kelengkapan kendaraan.

Bagi masyarakat yang pernah terjaring razia kepolisian dijalan karena pelanggaran kelengkapan seperti knalpot yang tidak standar ataupun ban yang tidak standar maka petugas menahan kendaraan pelanggar sebagai jaminan barang bukti untuk sidang tilang.

Sesuai pasal 285 ayat 1 UULAJ no.22 th 2009 ini berbunyi ” Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”.

Kasat Lantas AKP Ben Aras, SH, MH melalui kanit turjawalinya IPDA Heri Sudaryanto, SH mengatakan bahwa barang bukti kendaraan bisa dikembalikan dengan syarat pelanggar mengganti kelengkapan kendaraannya sesuai standar.

“Iya betul, pelanggar mengganti sendiri kelengkapan kendaraannya di gudang barang bukti yang bertempat di belakang pos lantas induk” jelas Ipda Heri Sudaryanto.

Dengan hal tersebut, Kanit Turjawali berharap dapat memberikan efek jera bagi pelanggar sehingga dapat tertib dalam berlalu lintas. Hal ini juga sebagai antisipasi jelang kampanye terbuka Pilkada Kabupaten Banjarnegara Tahun 2017 agar tidak ada lagi kendaraan yang tidak sesuai standar. (Bripka Linda)

Admin Polri56114 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password