Meriah dan Sukesnya Festival Durian Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, SIK. MSI, Waka Polres, Kompol M. Budhi Setyadi, SIK. MM, menghadiri Festival Durian yang diadakan Pemkab Tanggamus, dipusatkan di Objek Wisata  Air Terjun Way Lalaan Pekon Kampung Baru Kecamatan Kotaagung Timur, Kamis (6/7/17).

Festival dibuka resmi oleh Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi,M.Pd.I, berlangsung dengan sukses, turut dihadiri Ketua  DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan,S.Sos dan jajaran Forkopimda Tanggamus.

Dalam festival durian tanggamus juga dilombakan durian dgn katagori, lomba keunggulan durian lokal, lomba makanan olahan dari durian, lomba makan durian dalam group, lomba selfi dari groovie dan bazar durian.

Hi. Samsul Hadi memberikan apresiasinya atas gelaran Festival Durian yang sudah berlangsung sukses.”Ini adalah festival durian pertama yang digelar, pelaksanaanya sendiri berlangsung sukses dan meriah padahal nol rupiah dari APBD dan patut mendapatkan apresiasi, khususnya kepada kepala dinas pariwisata (Kadispar). Saya juga ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia dan satker terkait yang sudah menjadikan kegiatan festival berlangsung dengan lancar,” ujar Hi. Samsul Hadi.

Waka Polres Tanggamus Kompol M.Budhi Setyadi, SIK. MM, menghadiri Festival Durian Tanggamus, Kamis (6/7/17).
Waka Polres Tanggamus Kompol M.Budhi Setyadi, SIK. MM, menghadiri Festival Durian Tanggamus, Kamis (6/7/17).

Dikatakan Hi. Samsul Hadi bahwa Tanggamus kaya akan potensi hortikultura/budidaya tanaman kebun dan parawisata, untuk itu dibutuhkan kreasi agar Tanggamus bisa dilirik menjadi destinasi kunjungan wisata.”Tanggamus miliki durian asli namanya Durian Khajang tanah dan iklim  disini juga cocok untuk ditanami durian, kedepan pemkab akan terus berupaya membantu para kelompok tani dalam pengembangan buah durian lokal yang rasanya tidak kalah dengan  durian dari daerah lain,” katanya.

Wakil Bupati juga mengakui, bahwa Festival Durian yang pertama kalinya diselenggarakan ini adalah buah dari idenya yang dimaksudkan untuk mengangkat potensi unggulan hasil pertanian dan mendongkrak kepariwisataan Kabupaten Tanggamus dengan cara mempresentasikan dan menumbuhkembangkan potensi, pariwisata dan hasil-hasil pertanian yang ada di Kabupaten Tanggamus.

“Tujuan diselenggarakannya festival ini adalah untuk menggali potensi holtikultura dan pariwisata Tanggamus. Melalui festival ini juga kita ingin memberitahukan kepada masyarakat luas yang ada di Provinsi Lampung bahwa Tanggamus ini memiliki buah Durian enak dan lezat, “ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus, Retno Noviana  Damayanti mengatakan, bahwa panitia meyiapkan sedikitkan 2.000 buah durian, yang seluruhnya didapatkan dari petani di Kabupaten Tanggamus. “Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materil sehingga kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar, harapan kami agar kiranya kegiatan festival ini dapat diselenggarakan lagi tahun depan dan dianggarkan melalui APBD,” ujar Retno.

Penulis : Rio
Editor : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg / Polres Tanggamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password