Anggota Polres Sanggau dan Polsek Kapuas Amankan Sidang Perkara Sengketa Tanah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau, Kamis (6/7) 2017, sekira pukul 10.00 Wib. Tiba rombongan masyarakat, dalam rangka sidang lanjutan Perdata perkara Sengketa kafling Tanah milik Petani Pandan sembuat, Desa Rieai, dan Desa Kedakas, Kecamatan Tayan Hulu dan Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau dengan PT KGP Kec Tayan Hulu.

Kapolsek Kapuas IPTU Sri Mulyono menyampaikan Adapun masyarakat yang menghadiri Sidang Perdana Perdata kurang lebih 220 orang tiba dengan menggunakan 5 Unit Dumm Truck dan 5 mobil pribadi dengan dikawal oleh PJR Pos Simpang Tanjung Polda Kalbar beserta Kapolsek Tayan Hulu dan anggota.

Pelaksanaan sidang dimulai pada jam 10.45 Wib. Dipimpin oleh Hakim ketua I Ketut Somanasa, SH, MH, didampingi Hakim anggota I Albanus Asnanto, SH, MH, Hakim Anggota II John Malvino Seda Noa Wea, SH.
Hasil dalam keputusan sidang perdata tersebut Hakim ketua menyarankan agar antara Pihak PT KGP dan Masyarakat untuk melakukan mediasi diruangan mediasi Pengadilan Negri Sanggau. Pelaksanaan mediasi dipimpin hakim Mediator Maulana Abidin Dihadiri oleh 2 Penasehat Hukum Masyrakat, 4 orang perwakilan Petani dan 2 Orang Penasehat Hukum PT KGP.

Adapun Hasil dari mediasi kedua belah pihak antara lain menentukan jadwal sidang mediasiasi berikutnya, menentukan hasil mediasi untuk perdamaian kedua belah pihak, untuk sidang mediasi selanjutnya hanya diwakili 4 orang perwakilan mediasi dari pengugat (masyarakat tidak diwajibkan semua hadir apabila hadir diharapkan tidak ada menimbulkan masalah).

Serta pelaksanaan Mediasi diberi batas waktu selama 30 hari terhitung mulai sidang pertama, tempat pelaksanaan sidang mediasi berikutnya dilaksanakan di ruang Mediasi Pengadilan Negri Sanggau bukan diruang sidang Umum.

Giat berakhir jam 11.55 Wib. Selanjutnya masyarakat membubarkan diri dengan tertib untuk kembali ke Kecamatan Tayan Hulu. Kapolsek Kapuas IPTU Sri Mulyono mengatakan bahwa POLRI telah melakukan pengamanan oleh Personil Polres Sanggau dan Polsek Kapuas.

Penulis : Reno Wisnu Pradana dan Denny Ardyanto
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Syafiudin

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password