Aksi Damai Pemuda Tolitoli Bersatu Tuntut Pemda Selesaikan Persoalan Banjir

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Forum Pemuda Tolitoli Bersatu melakukan aksi damai dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di kantor DPRD Tolitoli terkait penanggulangan pasca bencana banjir di Tolitoli, Kamis, (7/6/2017), pukul 09.30 WITA.

Sebelumnya, Forum Pemuda Tolitoli Bersatu melakukan Penggalangan masa dengan melibatkan siswa SD sekitar 12 orang, kemudian dengan masa yang terkumpul kurang lebih 110 orang melakukan longmars Menuju Ke Gedung DPRD Tolitoli dengan pengawalan Polisi.

Dalam orasinya, Forum Pemuda Tolitoli mengapresiasi bantuan dari Pemerintah Daerah dan Instansi terkait, “yang jadi permasalahan, ada sekitar 15 titik parah yang ada di wilayah perkotaan yang berasal dari 3 hulu sungai yang masing-masing dari sungai Tuweley, sungai Panasakan, dan sungai Lembah”.

“Dan ada pula yang disebabkan oleh multifungsi drainase yang dulunya sebagai pengaliran air sekarang menjadi tempat pembuangan limbah masyarakat sekitarnya”, kata Surya Yahya Petajani dan Wawan , selaku Orator.

0e6388c6-0c6d-4536-bbcf-e30d2805778c

Kemudian, Ketua DPRD Tolitoli Andi Ahmad Syarif mempersilakan masa masuk di aula Litingan untuk melaksanakan Rapat Dengar Pendapat bersama dengan Anggota DPRD Tolitoli.

Masa menuntut agar pemerintah daerah sesegera mungkin melakukan tidakan pengerukan dan pelebaran sungai Tuweley, membuat dinding pembatas antara sungai dan wilayah pemukiman warga sepanjang bantaran sungai Tuweley , juga membersihkan drainase yang tersumbat di wilayah perkotaan bersama warga.

Dari hasil rapat itu, diambil keputusan agar secepatnya melakukan pengerukan sungai dan drainase, pengangkutan sampah dan material sisa banjir, pembersihan selokan, rumah ibadah, dan fasilitas publik lainnya. Oleh karena itu DPRD mendesak pemda melalui OPD terkait untuk secara nyata menangani masalah tersebut sebagai bentuk penanganan jangka pendek.

Terkait rencana normalisasi sungai Tuweley, memerlukan relokasi pemukiman maupun pembebasan tanah, hingga masa mengharapkan agar pemerintah Daerah dapat mensosialisasikan rencana itu kepada masyarakat untuk menghindari terjadinya kendala saat proyek fisik dilaksanakan.

Penulis : Hernawan Saputra
Editor : Umi Fadilah
Publish : Hernawan Saputra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password