1.107 Siswa SIP Angkatan 46 Donor Darah di HUT Bhayangkara ke 71 Tahun

IMG-20170704-WA0049Tribratanews.polri.go.id, Sukabumi – Setukpa Lemdiklat Polri di rangkaian HUT Bhayangkara Ke 71 Tahun 2017 mengadakan Bakti Sosial dalam bentuk Donor Darah di Gedung Widya Wirottama.

Sebanyak 1.107 Siswa SIP (Sekolah Inspektur Polisi) menyumbangkan darah yang diselenggarakan Tim PMI Kabupaten Sukabumi. Tidak hanya siswa personel Setukpa mulai Pejabat Utama hingga staf juga turut serta.

IMG-20170704-WA0055Ibu Kasetukpa Brigjen Pol Dra Sri Handayani, MH didampingi Waka Setukpa Kombes Pol Sumarjio menyampaikan kegiatan Donor darah memang tindakan yang sangat mulia mengingat hal itu sangat bermanfaat bagi orang lain. Berbicara mengenai Manfaat Donor Darah, ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan, tetapi ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu bagi penerima (resipien) yang diberi donor dan bagi donor (penyumbang) atau pemberi.

Donor darah dapat bermanfaat untuk membantu mereka yang kekurangan darah, darah akan diberikan melalui proses yang dinamakan transfusi darah yang bertujuan untuk menyelamatkan jiwa seseorang. contohnya: Transfusi darah untuk korban kecelakaan yang banyak kehilangan darah, Penderita penyakit tertentu yang akan menjalani operasi besar, Kasus-kasus tertentu demam berdarah, Untuk pasien talasemia mayor dan masih banyak yang lainnya.

Sebelum mendonorkan darahnya calon donor akan diperiksa terlebih dahulu berat badannya, tekanan darah, frekuensi nadi, kadar hemoglobin(Hb), dan pemeriksaan oleh dokter. tentu hal ini sangat menguntungkan, dimana kesehatan kitapun selalu terawasi (check-up rutin)

Jantung menjadi Sehat, menurunkan level iron, menurunkan risiko kanker, Donor darah yang konsisten akan bermanfaat menurunkan risiko kanker, termasuk diantaranya perbaharuan sel-sel darah, membakar kalori sekitar 650 kalo dan mendapat pemeriksaan darah secara gratis.

IMG-20170704-WA0016“Setetes Darah Anda bisa menyelamatkan Seribu Nyawa” ungkap Ibu Kasetukpa Brigjen Pol Dra Sri Handayani, MH saat ditemui peliput di lapangan Soetaji Pronodipuro, Selasa (4/7/17).

Penulis : Umam
Editor : Umi Fadila
Publish : Umam

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password