Gawai Dayak Desa Emperiang, Kec. Seberuang ditutup oleh Bupati Kapuas Hulu.

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Hari Selasa 4 / 7 / 2017 Pukul 13.30 sd 16.30 Wib bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Emperiang Kecamatan Seberuang Kapolsek Seberuang IPTU P. SIMANJUNTAK menghadiri kegiatan Penutup Gawai Dayak di Desa Emperiang Kec. Seberuang yang ditutup oleh Bupati Kapuas Hulu.

Kapolsek Seberuang IPTU P. SIMANJUNTAK mengatakan tamu yang hadir yaitu Bupati Kapuas Hulu A.M. NASIR beserta Ibu, Wakil Bupati Kapuas Hulu ANTON L. PAMERO beserta Ibu, Ketua DAD Kapuas Hulu, Dandim 1206 PTSB KH, Anggota DPRD Kapuas Hulu BUDIARJO, Muspika Kec. Seberuang, Para Kades Kecamatan Seberuang, Dewan Adat Dayak, Temenggung Tiga Suku yaitu Suku Suhaid, Suku Seberuang, Suku Kantu’, Tokoh Masyarakat Desa Emperiang. Adapun Tema yang Gawai Dayak tersebut adalah “KIAN DATANG KAMI ADANG, KIAN PULANG KAMI KENANG” Jumlah Peserta dan Tamu Undangan yang menghadiri Acara Penutupan Gawai Dayak tersebut sekitar 300 orang pungkas IPTU P. SIMANJUNTAK.

Dalam Sambutannya Bupati Kapuas Hulu Bapak A.M. NASIR menyampaikan berterima kasih kepada Muspika, para Kades dan Masyarakat Kec. Seberuang yang telah mensukseskan pelaksanaan kegiatan Gawai Dayak 2017 di Kec. Seberuang Kab. Kapuas Hulu dan tidak lupa beliau juga berterima kasih kepada muda – mudi Kec. Seberuang yang telah melestarikan budaya Suku Dayak khususnya di Kec. Seberuang dan beliau berpesan agar Budaya di Kec. Seberuang agar lebih meningkatkan dan menjaga budaya dari peninggalan leluhur kita di Kec. Seberuang serta beliau juga mengatakan telah dilakukan Koordinasi dengan Menteri komunikasi dan informasi untuk melengkapi alat komunikasi dan informasi untuk pemasangan Mini Tower khususnya di Desa Emperiang dan Desa- Desa yg tidak terjangkau jaringan sinyal. Bupati juga telah berkordinasi dengan Menteri Pertanian agar kedepan untuk Kapuas Hulu bisa memproduksi beras sendiri serta membuka lahan pertanian baru di Kab. Kapuas Hulu ujar A.M.NASIR.

Pada kesempatan tersebut Bupati beserta rombongan menyerahkan Tropi kepada Desa yang telah memeriahkan sekaligus menjadi Pemenang Perlombaan Seni dan Budaya tradisional, dilapangan sepak bola Desa Emperiang yg diikuti 15 Desa diwilayah Kecamatan Seberuang. Lomba tradisional yang diselenggarakan yaitu Lomba tari buma/tari kreasi Dayak
Yang di serahkan oleh Bapak Bupati Kapuas Hulu kepada Juara satu yaitu Desa Emperiang. Juara dua Desa Jerenjang dan Juara ketiga Desa Ranyai. Untuk Lomba Menyumpit Berpasangan yang di serahkan oleh BUDIARJO Anggota DPRD Kapuas Hulu kepada Juara satu yaitu Desa Emperiang, Juara kedua Desa Bati dan Juara ketiga Desa Jerenjang. Sedangkan Lomba pangka gasing yang di serahkan oleh Ibu Bupati Kapuas Hulu kepada Juara satu yaitu Desa jerenjang, Juara dua Desa Sejiram dan Juara ketiga Desa Nanga Lot. Selanjutnya Lomba menganyam Desa yang di serahkan oleh Camat Seberuang kepada Juara satu yaitu Desa Emperiang, Juara dua Desa Bati, Untuk Lomba tari tumbuk padi yang di serahkan oleh Dandim 1206 PTSB kepada Juara satu yaitu Desa Ranyai, Juara kedua Desa Beluis Harum dan Juara ketiga Desa Jerenjang.

Kapolsek Seberuamg menyampaikan penghargaan terimakasih kepada seluruh Element Masyarakat yg telah mensukseskan Gawai Dayak 2017 di Kec. Seberuang Kab. Kapuas Hulu Selama Satu bulan berturut -turut, diadakan Desa ke Desa, Dusun ke Dusun saling bergantian di Lima belas (15) Desa dan empat puluh Tiga (43) Dusun di Kecamatan Seberuang ini. Suatu kebanggaan bagi kita semua rangkaian kegiatan Masyarakat berjalan dengan Aman, tertib dan lancar sehingga situasi Kamtibmas tetap Kondusif ungkap IPTU P. SIMANJUNTAK.

Di samping itu Kapolsek Seberuang berterima kasih kepada panitia dan Masyarakat Yang telah mendukung pelaksanaan Gawai Dayak Seberuang serta Penutup Gawai Dayak di Desa Emperiang ini karena kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan untuk melestarikan Seni dan Budaya Suatu Peninggalan leluhur kita pertahankan sehinggga jangan sampai tergilas dengan kamajuan zaman dan menggali potensi Seni dan Budaya, Seni Tarian dan olahraga Tradisional harus kita pertahankan untuk generasi Muda – Mudi Penerus Bangsa khususnya di Kec. Seberuang terang IPTU P. SIMANJUNTAK.

Penulis : Teguh a.a/Jaspian
Editor : Umi Fadillah/ Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password