Bupati Wonogiri Joko Sutopo Buka TMMD 2017

WhatsApp Image 2017-07-05 at 13.05.47

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Kapolres Wonogiri, AKBP Mohammad Tora menghadiri upacara pembukaan TMMD di Lapangan Bola Desa Purworejo Kecamatan Wonogiri. TMMD Sendiri mengambil tema dengan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat kita percepat pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

Berlaku sebagai irup, Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Komandan Upacara Kapten inf Kasmadi Danramil 04 Nguntoronadi dihadiri tamu undangan dan peserta upacara sekitar 500 orang.

Dalam sambutannya, Bupati membacakan pesan dari Gubernur Jawa Jawa Tengah. Pihaknya sangat mengapresiasi TMMD yang kali ini.

“Saya yakin dalam kebersamaan dan kegotong royongan yang terus kita kembangkan, banyak kemudahan yang kita dapatkan untuk mengatasi persoalan kini dan yang ada di depan. Bersama saatnya kini kita torehkan karya yang punya nilai kebaikan dan membahagiakan. Bersama kita uraikan benang kusut persoalan dengan solusi tepat dan mensejahterakan,” kata Bupati.

TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan.

“Saya selalu merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD. Membangun jalan dan jembatan bebarangen. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah,beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya. Kemudian memugar RTLH, membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat,” lanjut dia.

Ditambahkannya, upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan. Ini luar biasa di tengah upaya kita mengatasi persoalan kemiskinan Jawa Tengah yang angkanya masih cukup tinggi yaitu 13,19% pada tahun 2016.Tidak ketinggalan upayanya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, tentang ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba. Ini sangat penting dan strategis ditengah berbagai persoalan kebangsaan kita dewasa ini.

“Jadi, TMMD bukan semata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa. Tapi, dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.Kita ingin rakyat itu makin sejahtera dan mandiri. Kita juga ingin rakyat punya daya tangkal dan daya cegah terhadap berbagai hal yang menjadi ancaman terhadap keutuhan bangsa,” lanjut Joko.

Joko menambahkan, masyarakat tentu saja ingin menginginkan kehidupan yang sejahtera. Pun dirinya meyakini, mereka juga ingin memberi banyak kontribusi bagi negeri. Itulah satu keinginan dan satu tujuan yang harus diintegrasikan dalam satu langkah nyata untuk membangun desa, dan kehidupan rakyatnya yang makin baik, layak, sehat dan sejahtera lahir maupun batin.Holobis kuntul baris, majukan dan mandirikan desa.

“ Ayo kita sengkuyung bareng-bareng program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat desa. Bangun desa dengan tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal yang dimilikinya. Desane maju, fasilitas pelayanan dasar masyarakate komplet, SDM-me makin berkualitas, mandiri, punya spiritualitas tinggi, kreatif dan inovatif serta berkarakter kebangsaan yang kuat. Lan sing ora kalah penting, kabudayane tansah lestari.sekali lagi maturnuwun dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD. Saatnya kita lanjutkan karya bhakti dan pengabdian pada Ibu Pertiwi,” pesan Gubernur.

Menurut pantauan Tribratanews-polreswonogiri.com, dalam kesempatan tersebut digelar pula kegiatan penanaman Penghijauan Secara simbolis, peninjauan pelayanan kesehatan, taman bacaan dan peninjauan pengerasan jalan oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo yang didampingi Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriadi, Pengadilan Negeri Wonogiri, Kajari Wonogiri, Kapolres Wonogiri, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa dan FKPD lainya.

Adapun untuk mewujudkan pencapaian tujuan dan kegiatan TMMD ditetapkan kegiatan Fisik dan Non Fisik. Kegiatan Fisik antara lain :

a) Pembangunan jembatan volume 6 meter x 4 meter x 3 meter

b) Pembangunan jalan makadam 387 meter x 4 meter

c) Rehab Pos Kamling volume 2,3 meter x 2,3 meter x 2,5 meter.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa Penyuluhan atau ceramah dari dinas instansi terkait dengan materi diantaranya, penyuluhan kewajiban WNI bela negara, penyuluhan pertanian, kamtibmas, buta aksara, kesehatan, KB, kerukunan umat beragama dan sertifikat pertanahan.

Pelaksanaan kegiatan selama 30 (tiga puluh) hari, dalam pelaksanaannya dilaksanakan secara serentak, melalui upacara pembukaan pada Selasa tanggal 04 Juli 2017, sedangkan upacara penutupan rencana pada Rabu tanggal 02 Agustus 2017.

Ketika dimintai tanggapan, Kapolres Wonogiri, AKBP Mohammad Tora mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. pihaknya juga akan ikut berpartisipasi untuk mensukseskan TMMD di Wonogiri.

“Tentu saja kita sebagai Polri sangat mendukung kegiatan ini,” singkat Kapolres.

Penulis : Iwan Hms Wng

Editor : Umi Fadilah

Publish : Wagiman Hms Jtg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password