Kapolsek Mukok berikan Penyuluhan Larangan Karhutla kepada Warga Desa Layak Omang

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Bertempat di Kantor Layak Omang Kecamatan Mukok telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan tentang larangan karhutla yang dilaksanakan oleh Polsek Mukok bekerjasama dengan PT. Finantara Intiga dan kades Layak Omang, Senin (03/07) pagi.

Adapun sebagai dNara Sumber dalam kegiatan tersebut adalah Kapolsek Mukok Iptu Priyono, Camat Mukok Victorius, S. Sos, Ketua tim Sigahkar (Aksi Cegah Kebakaran) PT. Finantara Intiga Agustono. Sedangkan untuk peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut terdiri dari Kades Layak Omang beserta Perangkat Desa Layak Omang, Para Kadus, Ketua RT, Tomas, Todat dan Toga dengan jumlah keseluruhan sebanyak 40 orang.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Mukok Iptu Priyono selaku Narasumber menyampaikan latar belakang Larangan Karhula. Bahwa hutan atau lahan merupakan sumber daya alam yang mempunyai berbagai fungsi, baik ekologi, ekonomi dan sosbud yang diperlukan untuk menunjang kehidupan manusia dan makhluk hidup lainya, sehingga perlu dijaga dari kerusakan.

“Maksud dan tujuan dilaksanakanya penyuluhan tentang larangan karhutla ini adalah sebagai giat penyuluhan yang berujuan untuk memberi pamahaman kepada warga masyarakat tentang dampak yang ditimbulkan dari Kebakaran Hutan dan Lahan serta sanksi hukum bagi pelakunya” Jelas Kapolsek Mukok.

“Adapun yang manjadi Faktor penyebab terjadinya karhutla adalah faktor alam (pengaruh periode iklim dan struktur tanah), sistem perladangan tradisional dengan cara berpindah-pindah dan pembukaan ladang dengan cara membakar lahan serta pembukaan lahan oleh pemegang HPH, ijin usaha perkebunan dan pertambangan yang mana mereka membuka lahan dengan cara membakar” Lanjutnya.

Sebagai penutup, Iptu Priyono menjelaskan Dasar Hukum dan Saksi Pidana yang menjadi acuan dalam Karhutla serta mengharapkan warga Desa layak omang tidak ada lagi yang melakukan kegiatan ladang berpindah dengan cara membakar hutan dan atau lahan.

Penulis : Denny Ardiyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password