Polda Sulsel Gelar Acara Pencucian Lambang Pataka Pallawa Lipu

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Tradisi pencucian lambang Pataka Pallawa Lipu dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 71, dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs Muktiono, Selasa pagi (04/7/17) di Aula Anindhita, Lantai III Mapolda Sulsel.

Acara tersebut, dihadiri oleh Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe dan seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Sulsel dan juga dihadiri para Pama, Pamen, Bintara, Tamtama dan PNS Polri Polda Sulsel.

Sebagai Komandan Upacara pada pencucian lambang Pataka Pallawa Lipu Polda Sulsel dilaksanakan oleh AKBP Achmad Asmadi dari Dit Sabhars Polda Sulsel.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Mars Polri yang diikuti oleh peserta upacara. Dilanjutkan dengan pembukaan selubung lambang Pataka Pallawa Lipu oleh pengasuh panji lambang Pataka Pallawa Lipu, Ka Yanma Polda Sulsel AKBP Ilham Parlang, selanjutnya masuknya pasukan pembawa pusaka lambang Pataka Pallawa Lipu.

Dilanjutkan dengan pencucian lambang Pataka Pallawa Lipu  yang dilakukan secara khidmat oleh Kapolda Sulsel, Pencucian ini dilalukan untuk mensucikan nilai lubur Tribrata sebagai pedoman hidup Polri. Sebagai semangat Polri dalam berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pencucian pataka ini, juga memiliki makna mengajak kembali anggota Polri kepada jati diri Polri yang suci dan murni sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Hyme Polri dan doa keselamatan.

Sementara itu, pencucian rutin tiap tahun dilakukan dalam menyambut HUT Bhayangkara itu, hal itu dilakukan untuk mensucikan nilai-nilai luhur dan juga sebagai semangat Polri dalam berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis : Taufik

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password