Belajar Meracik Mercon, Guru Honorer di Pulang Pisau Mengalami Luka

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalteng, Suara ledakan petasan (mercon) terjadi di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren yang membawai Madrasah Tsanawiyah/Aliyah Al Mujahidin di Desa Sebangau Permai, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Sabtu (01/07/2017) sekitar pukul 16.30 WIB.

IMG-20170703-WA0052

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Pulang Pisau AKBP. Dedy Sumarsono, S.I.K., M.H., bahwa telah terjadi ledakan mercon yang cukup keras di wilayah hukumnya.

“Beberapa saksi sudah kami mintai keterangan dan olah tempat kejadian perkara (TKP) juga sudah kami lakukan baik dari Polres, Polda Kalteng, Gegana Satbrimob Polda Kalteng maupun dari Laboratorium forensik. Kami dapat menyimpulkan bahwa ledakan tersebut hanya mercon yang sengaja diracik untuk dibuat mainan,” kata Kapolres Pulang Pisau, Senin (03/07/2017) pukul 14.30 WIB.

Mercon tersebut diracik, dengan menggunakan bahan dasar belerang dan karbit dengan cara diblender. Hal itu dilakukan Heri Wahyudi (28) dengan dasar belajar dari youtube. Kapolres Pulang Pisau memastikan, kejadian ini tidak ada kaitannya dengan jaringan teroris.

“Pada saat kejadian memang sepi karena hari libur, dan hanya ada peracik atas nama Heri Wahyudi (28) yang diketahui sebagai guru honor di Madrasah Al Mujahidin dan ada 2 pelajar atas nama Noor Imansyah (15) dan Riki Nuriadi (16), keduanya adalah siswa Madrasah setempat,” ungkap Kapolres.

Dari keterangan Noor Imansyah, Heri Wahyudi memanggil dirinya dan Nuriadi masuk kedalam sekolah. Pada saat itu sekolah dalam keadaan kosong. Namun setibanya di ruangan sekolah keduanya melihat Heri Wahyudi meracik sesuatu dengan menggunakan blender. Kemudian selang beberapa detik bahan yang diblender tersebut meledak.

Akibat ledakan itu, ketiganya mengalami luka-luka karena hanya berjarak kurang lebih lima meter dari tempat meracik. Sementara Heri Wahyudi mengalami luka pada bagian wajah, kaki dan tangannya. Ketiga korban saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

IMG-20170703-WA0054

Penulis : Sudarto / Polres Pulpis

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Shamsudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password