Jadi Irup Di Sekolah, Kapolsek Wanasari Brebes Ajak Pelajar Tertib Lalu Lintas

9-wnaTribratanewspolri.go.id – Polres Brebes. Guna menanamkan kecintaan masyarakat kepada Polri untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat, jajaran Kepolisian Resor Brebes melaksanakan kegiatan menjadi Inspektur Upacara (Irup) di sekolah-sekolah. Kegiatan tersebut dilaksanakan berkaitan dengan Program Prioritas Kapolri PROMOTER (Profesional, Modern dan Terpercaya).

Senin (09/01) pagi bertempat di Halaman SMK Muhammadiyah Wanasari Brebes telah dilaksanakan upacara bendera, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolsek Wanasari AKP Wagito. Upacara tersebut diikuti ± 108 peserta. Dalam upacara bendera tersebut, AKP Wagito memberikan amanat tentang tertib berlalu lintas.

“Kecelakaan lalu lintas menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Menurut statistik Bank Dunia, bahwa negara-negara berkembang memiliki jumlah lebih tinggi dalam jumlah kematian di jalan. Di Brebes sendiri pada tahun 2016, tercatat ada 515 kejadian dan sebagian besar jumlah laka lantas melibatkan pelajar, “ jelas Wagito.

AKP Wagito menambahkan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Brebes didominasi oleh pelajar. Beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas diantaranya adalah  tidak memakai helm saat berkendara, melawan rambu lalu lintas, menerobos lampu lalu lintas, melintasi batas marka jalan, dan memakai knalpot yang tidak sesuai standar.

Dan diakhir amanatnya, ia berpesan kepada siswa-siswi SMK Muhammadiyah Wanasari. Menurutnya ada beberapa kunci keselamatan dalam berkendara, yaitu persiapkan diri baik fisik maupun mental karena kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena faktor kelalaian, persiapkan kendaraan yang harus dalam kondisi baik dan laik jalan, persiapkan kelengkapan surat SIM, STNK. “Kelengkapan kendaraan itu sendiri seperti spion, lampu saint, knalpot serta menggunakan Helm SNI, “ imbuh Wagito.

Menjadi Inspektur upacara di sekolah merupakan salah satu metode yang digunakan oleh Polisi untuk mendekatkan diri kepada pelajar di sekolah. Tidak hanya itu, himbauan kamtibmas pun kerap diberikan oleh Polsek Wanasari guna membentuk pelajar yang santun dan berprestasi. Kapolsek Wanasari mengajak pelajar SMK Muhammadiyah Wanasari agar bersama-sama mewujudkan satu visi positif yakni memberikan hal yang terbaik untuk SMK Muhammadiyah Wanasari dan menjadi kebanggaan almamater sekolah. (Hms/PID Wanasari)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password