Bersama Warga, Bhabinkamtibmas Desa Songing Bahu Membahu Membersihkan Material Longsor yang Menutup Jalan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Bhabinkamtibmas Desa Songing Bripka Ardi Muhsal bahu membahu bersama dengan warga Dusun Bonto, Desa Songing, Kecamatan Sinjai Selatan melaksanakan kerja bakti bersama warga didesa binaannya membersihkan material longsor yang menutup bahu jalan, Minggu (02/07/17).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat perwujudan Bhabinkamtibmas selalu ada di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, juga keberadaan bhabinkamtibmas dalam membantu masyarakat merupakan bentuk gotong royong yang merupakan adat kebiasaan yang selalu dilestarikan oleh warga masyarakat di desa songing.

Pada kesempatan yang sama Bhabinkamtibmas Brigadir Ardi Muhsal mengatakan dengan adanya kerja bakti membersihkan material longsor diharapkan dengan lebih dekatnya bhabinkamtibmas ditengah tengah masyarakat akan muncul kesadaran masyarakat untuk membantu Polri dalam ikut serta menjaga lingkungannya masing-masing sehingga situasi yang aman dan kondusif dapat terwujud.

Dengan adanya kegiatan gotong-royong yang dilaksanakan oleh masyarakat dengan dibantu Bhabinkamtibmas diharapkan proses pembersihan material longsor cepat selesai sehingga jalan tersebut cepat dilalui kendaraan, sehingga aktifitas masyarakat dapat berjalan lancar.

Apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Songing Bripka Ardi Muhsal merupakan salah satu bentuk respon Polisi dalam melayani, hal ini  juga dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri.

Respon cepat yang diberikan aparat Polres Sinjai atas penanganan bencana tanah longsor dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat atas kinerja pelayanan Polri.

Meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri selanjutnya akan mendorong berkembangnya dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas.

Keberhasilan ini juga akan ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dan pihak-pihak terkait (stakeholders) dalam pelaksanaan tugas-tugas Polri. Sehingga akan terbangun kemitraan Polri dengan berbagai pihak (partnership building). Keberhasilan Polri dalam membangun kemitraan dengan berbagai pihak merupakan manifestasi dari keberhasilan pelaksanaan Renstra Polri 2010-2014 dan Grand Strategy Polri.

Dengan terwujudnya partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas diharapkan juga memberikan kontribusi terhadap keamanan dalam negeri.

Penulis : Rosdiana

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password