Bahayakan Pengguna Jalan, Satlantas Grobogan Himbau Warga Tidak Bakar Jerami di Pinggir Jalan

Tribratanews.polri.go.id, Grobogan – Kepulan asap tebal yang keluar dari jerami yang di bakar oleh seseorang di areal sawah pinggir jalan raya Purwodadi – Semarang, hingga mengganggu para pengguna jalan yang melintas, Sabtu (2/7) sore.

Pemandangan yang terlihat di sekitar lokasi tersebut bukanlah kabut seperti di daerah dataran tinggi pegunungan, namun asap dari jerami yang dibakar, yang mengganggu pernafasan dan merusak pandangan mata.

Salah satu pengguna jalan, Harto (25), warga Purwodadi yang sedang melintas di lokasi tersebut mengaku terganggu akibat kepulan asap yang sangat tebal itu.

“Jalan raya sampai tidak terlihat apa-apa, baik dari arah Purwodadi – Semarang dan sebaliknya, kendaraan juga harus terpaksa memelankan laju nya,” keluhnya.

Bripka Indra Personil Satlantas yang tergabung dalam satgas Kamsel Ops Ramadniya, saat sedang melaksanakan patroli mendapati laporan adanya pembakaran jerami dipinggir jalan segera mendatangi lokasi tersebut.

Benar, kepulan asap mengganggu penglihatan dan pernafasan para pengguna jalan. Dengan alat seadanya dibantu beberapa warga sekitar, Bripka Indra berusaha mematikan api yang membakar jerami tersebut.

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano melalui Kasat Lantas AKP Panji mengatakan, kondisi tersebut, sangat membahayakan bagi para pengguna jalan yang melintas, diharapkan agar tetap hati-hati dan waspada dengan mengurangi laju kecepatan.

Pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi pada masyarakat bahaya membakar jerami di pinggir jalan melalui Media Sosial maupun siaran Radio. Bahkan unit Dikyasa Satlantaspun juga hampir setiap hari mensosilisasikan tentang hal ini.

“Harusnya jangan membakar jerami di pinggir jalan raya, asapnya itu kan mengganggu, bisa bikin celaka yang melintas,” kata AKP Panji.

Penulis : Teddy

Editor : Umi Fadillah

Publish : Nur

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password