Perahu Wairon dengan Panjang 34,9 M di Biak Mendapat Penghargaan dari ORI dan RHR Inggris

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Perahu Wairon yang merupakan perahu tradisional dengan panjang 34,9 meter yang dibuat oleh pengrajin lokal Biak dengan menggunakan bahan dasar kayu, sengaja dibuat atas permintaan Pemerintah Daerah Biak untuk melengkapi rangkaian budaya pada Festival Biak Munara Wampasi.

Perahu Wairon itu saat ditampilkan pada acara pembukaan Festival Biak Munara Wampasi, mendapat penghargaan dari Original Rekor Indonesia (ORI) dan perwakilan Record Holders Republic (RHR) Inggris sebagai kekayaan budaya unik dan kreatif yang disaksikan oleh pengunjung Festival Biak Munara Wampasi termasuk Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, deputi Kemenpar dan Bupati Biak Numfor Thomas Ondy. SE,MM.

FB_IMG_1498967054769

Bupati Biak Numfor Thomas Ondy SE,MM menegaskan bahwa selama ini kita hanya melihat miniature Perahu Wairon melalui hasil kerajinan namun sudah tidak lagi melihat Perahu Wairon yang asli yang di waktu lalu telah berlayar dan menjadi kebanggaan masyarakat Biak dan menjadi ikon budaya Biak. “Diawal kepemimpinan saya, telah dimulai upaya pembuatan Perahu tradisional Wairon, sehingga pada hari ini dalam Festival Biak Munara Wampasi berhasil ditampilkan Perahu tradisional yang asli dan mendapat penghargaan dari ORI dan perwakilan Record Holders Republic (RHR) Inggris yang harus disyukuri sebagai sebuah anugerah Tuhan, “ungkap Bupati Biak.

Dennis Koibur sebagai pembuat Perahu Tradisional Wairon menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati Biak Numfor yang membantu mewujudkan pembuatan Perahu ini yang telah hilang sejak setengah abad lalu, sehingga setelah setahun dibuat akhirnya dapat selesai dan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Biak Numfor. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Umi Fadillah
Publish : Ruslan

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password