Antisipasi Arus Balik Lebaran, Polres HSU Maksimalkan Pengaturan

Tribratanews.polri.go.id, Polres HSU – Kasat Lantas Polres Hsu, AKP Dana Setiana menyikapi lonjakan arus balik mengelar seluruh personelnya di beberapa titik rawan kemacetan yang dapat menjadi kendala arus lalu lintas menghadapi arus balik Lebaran 2017, Jumat (30/6).

“Kami telah membuat 2 titik pos pelayanan di wilayah Hsu, yaitu di Taman Putri Junjung Buih berupa Pos Terpadu dan Pos Pelayanan Pam Lebaran di depan terminal Benua Lima Amuntai. Kedua Pos tersebut diperuntukan khusus di dalam kota Amuntai ujarnya.

Ia menjelaskan, apabila terjadi kepadatan arus dari luar kota jurusan dari Kab. Hulu Sungai Tengah yg melintas jalan Brig Hasan Basri Amuntai, maka pihaknya akan melakukan sejumlah langkah.

“Jika kemacetan mencapai simpang empat Benua Lima masuk kota Amuntai, maka personil Sat Lantas dan Sat Sabhara bersama Dinas Perhubungan akan melakukan pengaturan arus yang masuk kota Amuntai, Hal tersebut sudah ada dan antisipasi personel yang ada di Pos Pam Lebaran di depan Terminal Benua Lima, ” sebutnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi kemacetan di dalam kota khususnya di objek wisata Candi Agung dan Kolam renang Water Boom Melati yang semua di Kel. Sungai Malang akan terjadi kemacetan di jalur Jembatan Paliwara, Simpang Empat Kantor Camat Amuntai Tengah dan Pertigaan Sungai Malang dilaksanakan pengamanan oleh personel Sat Lantas dan Sabhara, yang berpatroli keliling sesuai Ploting masing-masing di sesuikan dengan lokasi dan jam rawan kemacetan serta rawan kamtibmas lainnya.

IMG-20170630-WA0008

Dilokasi lain, di Pasar Modern dan Taman Junjung Buih, ada personel yang melaksanakan pengamanan dan pengaturan serta disediakan Pos Pelayanan di Taman Junjung Buih Amuntai.

“Tugas pokok, Keterpaduan personel Polres Hsu dalam melaksanakan Pengamanan, pengaturan arus lalu lintas sudah sesuai rencana Sebagaiman dalam Lat pra Ops Ramadniya th. 2017, serta keterpaduan dengan instansi lain yang di gelar dalam Upacara gelar Pasukan Ops Ramadniya th. 2017 sudah dilaksanakan, diharapkan kekompakan antar instansi tetap terjalin sehingga situasi paska lebaran kondisi kamtibmas di Hsu aman kondusif.

Kasat Lantas memperkirakan, puncak arus balik Lebaran terjadi pada hari ini Jumat (30/6/2017). Diprediksi ada kendaraan yang melintas dari Kalteng masuk jalur Amuntai Utara, juga arus balik dari arah berlawanan melintas ke Kota Amuntai, perlu antisifasi dari dua arah yang akan terjadi kemacetan di Paliwara, Sungai Malang, Pelampitan dan Benua Lima.
“Ini akan jadi sasaran yang perlu diantisifasi pada hari-hari berikutnya, ” ujar Kasat Lantas.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password