Polres Sintang Kibarkan Bendera Setengah Tiang

IMG_1666

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar
– Polres Sintang, Hari ini Rabu (28/6/2017), Masyarakat di Kalimantan Barat harus kembali mengenang peristiwa pahit yang pernah terjadi di Kec. Mandor Kab. Landak Propinsi Kalimantan Barat, terkait dengan terjadinya peristiwa bersejarah pembantaian warga Kalimantan Barat oleh pihak tentara Jepang, yang lebih dikenal dengan peristiwa berdarah Mandor.

Peristiwa Mandor adalah peristiwa pembantaian massal yang mana terjadi pada tanggal 28 Juni 1944. Peristiwa Mandor ini sendiri sering dikenang dengan istilah Tragedi Mandor Berdarah yaitu telah terjadi pembantaian massal tanpa batas etnis dan ras oleh tentara Jepang.

Lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2007 tentang Peristiwa Mandor pada 28 Juni Sebagai Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat melalui paripurna DPRD Kalimantan Barat merupakan bentuk kepedulian sekaligus apresiasi dari DPRD terhadap perjuangan pergerakan nasional yang terjadi di Mandor.

“Atas perintah pimpinan sesuai Perda tersebut, pada hari ini Polres Sintang dan jajarannya melakukan pengibaran bendera setengah tiang sebahai wujud Duka Cita yang mendalam atas peristiwa tragedi berdarah Mandor,” unjar Waka Polres Sintang KOMPOL Amri Yudhi, SIK,MH.

Menurutnya peristiwa Tragedi Mandor merupakan Sejarah Kelam bangsa Indonesia khususnya bagi warga masyarakat Kalimantan Barat, “Rasa berkabung akan Tragedi Mandor Berdarah masih sangat kental dalam ingatan kita dan hal tersebut tentunya akan selalu kita kenang, dan kita berharap hal serupa jangan sampai terulang kembali,” pungkasnya.

Melalui pengibaran bendera setengah tiang ini diharapkan bisa mengingatkan kembali pentingnya untuk selalu meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan Bangsa, sehingga ancaman dan gangguan dari pihak luar tidak akan mengoyahkan Kedaulatan Bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Sintang dan umumnya di Kalimantan Barat.

Penulis : Har /Martha
Editor. : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

Admin Polri47802 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password