Demi Mengobatkan Anaknya Orang Tua ini Nekat Mencuri, Bhabinkamtibmas Pajang Surakarta Lakukan Mediasi

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta.Polda Jateng – Terdesak kebutuhan untuk pengobatan anaknya yang sedang sakit, S (62) nekat mencuri besi Jeckbest Kapolding pada proyek pembangunan Talud Kali Jenes di Pajang Laweyan Surakarta, Kejadian Jumat siang (23/06/2017).

Namun sial bagi S, belum sempat menjual hasil curiannya keburu aksinya diketahui seorang warga saat dia mencoba menimbun 9 biji Jeckbest Kapolding di tepi Kali Jenes yang sedang dibangun taludnya. Kejadian ini kemudian disampaikan kepada Trimo (44) pelaksana proyek, dan selanjutnya masalah ini dilaporkan ke Polsek Laweyan.

b959d0a8-c863-4cdd-907d-4306fb840c60

                                                 9 buah besi Jeckbest Kapolding yang di curi

Atas permasalahan ini, Bhabinkamtibmas Pajang Bripka Slamet Widodo berinisiatif memediasi untuk mendamaikan pihak pelapor maupun terlapor supaya permasalahan ini bisa diselesaikan tanpa berlanjut kepada proses hukum. Maka dilakukan mediasi bertempat di Balai Kelurahan Pajang Laweyan Surakarta dengan di bantu oleh FKPM Pajang.

Mengingat pelaku mencuri bukan untuk mengisi perut namun berencana untuk membelikan obat anaknya yang sakit maka hal ini memgundang simpati Bripka Slamet Widodo memberikan pembinaan kepada terlapor bahwa perbuatannya tersebut melanggar hukum dan merugikan pihak lai. Atas pembinaan ini terlapor mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya.

Mediasi berhasil karena pelapor juga kemudian bisa menerima dan memaafkan perbuatan terlapor, didasari juga rasa kemanusiaan, rasa kasihan bahwa anak terlapor sedang sakit dan membutuhkan biaya pengobatan. Dengan hasil mediasi tersebut kemudian dibuatlah Surat Kesepakatan Bersama (SKB) yang ditandatangani diatas materai oleh kedua belah pihak dan saksi-saksi, diketahui oleh Bhabinkamtibmas Pajang.

Inilah salah satu fungsi Bhabinkamtibmas dan FKPM untuk membuat masyarakat menjadi ” Polisi” bagi dirinya sendiri dan sekitarnya.

Penulis     : Heri Laweyan

Editor       : Umi Fadilah

Publish     : Sumarjo

Admin Polri56695 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password