Objek Wisata Istana Pagaruyung Ramai Dikunjungi, Polisi Berikan Pengamanan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Bagi wisatawan lokal maupun mancanegara sudah tidak asing dengan rumah adat atau rumah gadang Istana Basa Pagaruyung.

Salah satu objek wisata kebanggaan warga Minangkabau ini terletak di daerah Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat.

Pantauan Tribratanews.polri.go.id sejak pagi hingga sore hari tadi terlihat sekitar ribuan pengunjung silih berganti mendatangi Istano Pagaruyung, Selasa (26/6).

Bagi para pengunjung, setiba di dekat pintu masuk kita akan dibantu menyeberang jalan oleh petugas dari Satlantas Polres Tanah Datar.

IMG-20170627-WA0084

Selain membantu menyeberang jalan, Polisi yang menggunakan rompi warna hijau dan kopel putih tersebut juga melakukan pengaturan jalan, sehingga kemacetan dapat diminimalisir.

“Polantas Polres Tanah Datar yang telah ditugaskan, nantinya akan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas dan juga membantu masyarakat yang hendak menyeberang”, ucap Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha, SH melalui Paur Humas Iptu KL. Toruan.

Saat masuk pintu gerbang, kita akan bisa langsung melihat keindahan rumah gadang Istana Basa Pagaruyung. Terlihat beberapa pengunjung yang baru datang langsung memanfaatkan momen dengan berfoto/selfie dengan latar belakangnya rumah adat.

IMG-20170627-WA0093

Selama berada dikawasan Istana Basa Pagaruyung, masyarakat tidak perlu khawatir karena disana juga telah ada Pos Pelayanan Polres Tanah Datar dalam rangka Operasi Ramadniya 2017, para petugas dari Unit Pamobvit Satsabhara Polres Tanah Datar telah berada disekitaran objek wisata tersebut.

“Untuk memberikan rasa aman, Polres tanah Datar telah menempatkan petugas pengamanan di sekitar area Istana Pagaruyung, baik yang berpakaian dinas maupun yang non dinas”, ungkap Iptu Toruan menambahkan.

Dengan adanya Polisi dilokasi objek wisata tersebut pengunjung akan merasa aman dan nyaman, sehingga apabila merasa aman diperkirakan wisatawan akan terus meningkat dan menambah pemasukan daerah tersebut.

Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Paur Humas menyampaikan agar pengunjung segera memberitahukannya kepada personil terdekat.

Kemudian para wisatawan bisa langsung menuju rumah gadang tersebut, disana pengunjung juga bisa melihat pakaian adat Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Monti, Cadiak Pandai dan pakaian adat Minangkabau.

Selain melihat pakaian adat, pengunjung juga bisa melihat beberapa peninggalan sejarah kerajaan dahulu kala, namun sayangnya hanya beberapa saja yang dapat dilihat dikarenakan beberapa tahun yang lalu Istano Pagaruyung mengalami musibah kebakaran.(*).

Penulis : R. Fauzi/Sumbar
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi/Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password