Polda Bali Evakuasi Tiga Korban Terjebak Air Bah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Unit Pammat Subdit Gassum Direktorat Sabhara Polda Bali terdiri dari 10 personel dipimpin Kompol drh. I Komang Tresna Arbawa Manik melakukan penyelamatan terhadap tiga warga yang terjebak air bah di Sungai Yeh Otan, Bajera Utara, Selemadeg, Tabanan, Senin (26/6). Unit ini bergerak dilengkapi dengan dua rantis rescue.

WhatsApp Image 2017-06-27 at 10.38.42Meski cuaca dalam keadaan hujan dan medan sungai yang cukup curam, tidak menyurutkan semangat tim gabungan yang terdiri dari Rescue Sabhara Polda Bali, Basarnas, Polsek Selemadeg, dan warga sekitar untuk melakukan penyelematan. Sekitar pukul 23.00 Wita pencarian pun mulai dilakukan.

Berdasarkan keterangan saksi I Made Arya Wibawa (30) yang merupakan korban selamat, Kompol drh. I Komang Tresna Arbawa Manik mengatakan, saksi dan tiga korban lainnya yang bernama I Wayan Suadnyana (45), I Made Artawan (27), dan I Nyoman Agung Ariadi (16) berangkat ke sungai Yeh Otan bermaksud untuk mencari ikan jenis kepiting dan udang untuk keperluan sarana upakara potong gigi massal yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (28/6).

Setiba di TKP, keempat warga mulai mencari ikan dengan cara setrum, selang sejam kemudian tiba-tiba tanpa diduga datang air bah yang sangat deras, hingga hampir membuat ke 4 warga tersebut hanyut. Saksi berhasil menyelematkan diri dengan berenang ketepi sungai, sedangkan tiga korban lainnya menyelamatkan diri dengan cara naik ke atas gundukan tanah yang berada di tengah sungai.

Ketiga orang ini berharap air cepat surut, namun ternyata air semakin membesar hingga hampir menenggelamkan gundukan sungai tersebut. Merasa panik ketiga korban naik ke pohon bunut yang ada di sungai untuk menyelamatkan diri dari derasnya aliran Sungai Yeh Otan. Dengan adanya kejadian seperti itu, saksi meminta pertolongan kepada warga yang tinggal disekitar sungai.

Selanjutnya warga menghubungi Bhabinkamtibmas desa setempat, dan dilaporkan ke Polsek Selemadeg. Setelah hampir 2 jam dilakukan pencarian, akhirnya ketiga korban berhasil diselamatkan dan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Selemadeg untuk mendapat perawatan medis. Usai mendapat perawatan medis, ketiga korban dijemput oleh keluarganya masing-masing dengan disaksikan aparat banjar setempat.

“Cuaca sekarang tidak menentu dan tidak diprediksi, bagi masyarakat agar lebih hati-hati ketika berada di sungai. Jaga diri dan keselamatan, jangan sampai kejadian ini terulang lagi, untung ketiga korban bisa diselamatkan,” imbau Kasi Pammat Subdit Gassum Direktorat Sabhara Polda Bali Kompol drh. I Komang Tresna Arbawa Manik saat dikonfirmasi via WhatsApp, Selasa (27/6).

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Adnyana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password