ABK KM Perindo Jaya Ditemukan Tak Bernyawa di Atas Kapal, di Tamako Sangihe

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Seorang ABK KM Perindo bernama Suhoro, beralamat Desa Kendawa Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Provinsi Jateng ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa di atas ranjang KM Perindo Jaya, Senin pagi (26/6/2017), di pelabuhan Perikanan Pantai Dagho.

Menurut keterangan para saksi yang juga teman-teman korban, pada hari Minggu (25/6/2017) sekira pukul 19.00 wita, sebelum tidur mereka menonton televisi di ranjang/tempat tidur ABK. Sekira pukul 23.00 wita, saksi Dwi Abdillah yang tidur dekat dengan korban, sempat melihat korban tertidur dengan posisi terlentang. Saat itu saksi masih sementara memainkan handphone miliknya kemudian saksi tidur kembali.

Pada keesokan harinya pukul 06.00 wita pagi, saksi bangun dan turun ke dek bawah (dek 1), beberapa jam kemudian saksi diperintahkan oleh Kapten Kapal Yulistya Muktiarso untuk memanggil korban guna menyiapkan sarapan pagi, karena biasanya pukul 05.00 pagi korban sudah bangun.

Pada pukul 07.30 wita saksi segera membangunkan korban, namun korban tidak bergerak, tubuhnya sudah kaku dan dingin dalam posisi tertelungkup di ranjang.

Melihat hal itu, saksi langsung memberitahu Kapten Kapal dan bersama dengan semua ABK mengecek keadaan korban.

Hal tersebut kemudian dilaporkan ke staf Perum Perindo di Pelabuhan Perikanan Pantai Dagho Franki Sangeroki melalui radio ht, dan selanjutnya diteruskan ke Mapolsek Tamako.

Menurut keterangan pihak Puskesmas Tamako saat pemerikaan visum, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban, dan diperkirakan korban meninggal sekitar 12 jam sebelumnya.

Korban merupakan karyawan Perum Perindo yang baru bekerja kurang lebih 1 bulan sebagai juru masak/koki di KM Perindo Jaya. Sebelum dipindahkan oleh pihak perusahaan, korban juga sebagai juru masak di salah satu kapal milik Perum Perindo yang beroperasi di wilayah Pekalongan Jawa Tengah.

“Selama 1 bulan bekerja di KM Perindo Jaya, korban terlihat sehat, tidak pernah menunjukan tubuh lemas serta mengeluh sakit,” tutur Kapten kapal.

Kejadian tersebut langsung mendapat penanganan dari Unit Reskrim Polsek Tamako. “Untuk pelaksanaan autopsi menunggu konfirmasi dari pihak Perusahaan dan keluarga korban di Jawa. Saat ini korban telah dibawa ke Rumah Sakit Liun Kendage Tahuna untuk penanganan medis lebih lanjut,” ujar Kapolsek Tamako.

KM Perindo Jaya merupakan kapal penampung ikan milik Perum Perindo yang bertugas membawa ikan hasil pembelian oleh pihak Perum Perindo di Pelabuhan Perikanan Pantai Dagho untuk dibawa ke kota Bitung dan sudah 1 bulan standby di pelabuhan sampai stok ikan memenuhi target hingga 100 ton.

Penulis: Nuryani
Editor: Umi Fadilah
Publish: Supri

Admin Polri56599 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password