Polres Sintang Perketat Pengamanan Mako Antisipasi Libur Perayaan Idul Fitri 1438 H

Tribratanews.polri.go.id.Polda Kalbar-Polres Sintang, Kondiri libur perayaan Idul Fitri 1438 H tidak mengurangi lemahnya pengamanan Mako Polres Sintang, justru dengan kondisi tersebut semakin membuat personil yang melaksanakan tugas jaga meningkatkan pengamanannya, seperti terlihat pada hari ini, Senin ( 26/6/2017).

“Pelaksanaan serah terima piket penjagaan tetap dilaksanakan tepat pada waktunya dan dipimpin oleh Ka SPK, tidak ada yang terlambat,” jelas AKP Agem.

Menurut Padal SPK Penjagaan ini, sekalipun pelayanan publik yang berurusan dengan Polres berkurang karena masyarakat masih melaksanakan perayaan lebaran, namun pelaksanaan pengamanan dilingkungan Mapolres Sintang tetap ditingkatkan.

” Pengecekan dan pengawasan terhadap lingkungan Mako tetap kita lakukan, apalagi tahanan diruang sel Polres Sintang juga cukup banyak ada 27 orang, terdiri dari 26 laki-laki dan 1 orang perempuan sementara di Polsek Binjai ada 1 tahanan juga dan dengan adanya Mesjid Shiraatul Jannah yang berada didalam lingkungan Mako juga berdampak dengan perlunya dilakukan pemantauan secara terus menerus,” unjarnya.

IMG_9026

Tidak hanya Padal Ka SPK saja yang melakukan pengecekan dan pengawasan, turut serta juga melakukan pengecekan Kabag Ren Polres Sintang KOMPOL M. Pasaribu, yang melakukan pencekan langsung keruang tahanan hingga mengecek makanan dan minuman yang ditipkan keluarga para tahanan Polres pada petugas jaga tahanan ( Batah). “Kita mau memastikan kondisi piket penjagaan kita seperti apa, dan kondisi tahanan kita lengkap apa tidak, maka dilakukan pengecekan disamping untuk mengingatkan Ka SPK agar.jangan lalai dalam pelaksanaan tugas,” terang KOMPOL Mangiring Pasaribu.

Peningkatan pengamanan Mako yang dilakukan oleh pihak Polres Sintang ini bukan tidak beralasan, hal ini terkait dengan peristiwa penyerangan Mako Polda Sumut yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan diduga termasuk dalam jaringan kelompok ISIS, yang terjadi beberapa hari yang lalu terhadap aparat Kepolisian yang sedang melaksanakan tugas di penjagaan Polda Sumut.

IMG_9022

Kapolres Sintang melalui Waka Polres Sintang KOMPOL Amri Yudhi, SIK,MH mengatakan bahwa peningkatan pengamanan Mako kendati dalam kondisi libur justru harus lebih ditingkatkan karena hal ini selain perintah langsung pimpinan dalam hal ini Kapolda Kalbar, juga sebagai antisipasi kerawanan yang mungkin terjadi disaat hampir sebagaian besar anggota Polres Sintang melaksanakan perayaan Idul Fitri 1438.H.

” Terkait dengan penyerangan yang dilakukan di Polda Sumut beberapa hari yang lalu, agar Ka.SPKT dan para Kapolsek melakukan langkah-langkah seperti perketat pengamanan diri anggota jaga dan mako jangan sampai mako hanya dijaga 1 personil, antisipasi pos pelayanan dan pos pengamanan agar jangan lengah, tingkatkan kegiatan patroli, berlakukan ronda disekitar mako Polres dan polsek, anggota jaga jangan sampai tidur dan kepada seluruh Ka selalu mengecek dan mengingatkan piket jaganya,” tegas KOMPOL Amri.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa saat ini yang bertanggung jawab terhadap keamanan Mako dan situasi Kamtibmas adalah para anggota yang melaksanakan tugas penjagaan baik di Polres, Polsek dan Pos Yan serta Pos Pam, sebab sebagian anggota sedang melaksanakan perayaan Idul Fitri sehingga kondisi keamanan benar-benar berada dipundak anggota yang melaksanakan piket, namun demikian kepada anggota yang tidak terkena tugas penjagaan tetap melakukan tugasnya sebagai aparat kepolisian yaitu tetap menjaga situasi Kamtibmas dilingkungannya serta tetap monitor perkembangan yang ada.

“Kendati sudah ada petugas yang jaga (piket), bukan berarti anggota yang lain lepas tanggung jawab, namun anggota yang lainnya tetap memback up dan melakukan monitoring situasi dan kondisi yang ada, dan sesegera mungkin melaporkan jika ada hal-hal yang perlu dilaporkan kepada Pimpinan, karena buat anggota Polri tidak mengenal kata libur,” imbuhnya.

Penulis : Hariyanto
Editor : Umi Fadilah
Publish : Cucu Safiyudin

Admin Polri54172 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password