Polsek Embaloh Amankan Festival Pamole’ Beo Banuaka Tamambaloh

IMG_9021

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar Polres Kapuas Hulu – Minggu, (25/06/17) dalam rangka kegiatan “Festival Pamole’ Beo Banuaka Tamambaloh” (FPBBT) di Kec. Embaloh Hulu Kab. Kapuas Hulu, Kapolsek Embaloh Hulu Akp Paus Tino beserta anggota dan dibantu oleh personel dari Koramil 1406/Pts Kecamatan Embaloh hulu bersama-sama mengamankan jalannya kegiatan tersebut.

Kegiatan ini pada dasarnya adalah kegiatan masyarakat adat dayak dalam mensyukuri hasil panen yang diperoleh dan menyambut musim tanam/berladang yang baru.

Dalam hal ini “Pamole’ Beo” sebutannya adalah gawai adat dayak dikalangan sub suku dayak tamambaloh yang memang pusat dari adat istiadatnya berada di Kec. Embaloh Hulu. Namun dalam perayaan ini yang dilakukan oleh masyarakat adat dayak tamambaloh adalah pesta perlombaan kebudayaan dan atraksi kebudayaan. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Tiga Pemda Kab. Kapuas Hulu Sdr. Leonardus yang mewakili Bupati Kapuas Hulu sekaligus membuka secara resmi kegiatan FPBBT.

Kegiatan dimulai sejak pagi hari pukul 09.00 wib dilaksanakan kegiatan Misa Syukuran di Gereja Paroki Santo Martinus dilanjutkan dengan acara pembukaan di lapangan SMP Negeri 1 Kec. Embaloh Hulu pada pukul 13.00 wib, atraksi kebudayaan, perlombaan kebudayaan seperti menari dan sebagainya hingga ditutup pada malam hari pada pukul 21.00 wib.

Tidak lupa dalam setiap rangkaian kegiatan diatas Kapolsek Embaloh Hulu Akp Paus Tino memberikan pesan-pesan kamtibmas agar masyarakat tetap waspada dan bersama-sama menjaga keamanan dan keselamatan selama acara/kegiatan berlangsung.

Kapolsek Embaloh Hulu Akp Paus Tino menerangkan bahwa Kegiatan yang dijadwalkan selama lima hari dari tanggal 25 juni 2017 s/d 29 juni 2017 ini mendapatkan perhatian khusus dari Polsek Embaloh Hulu untuk melakukan pengamanan ekstra mengingat jumlah peserta dan tamu undangan serta masyarakat yang antusias dengan kegiatan tersebut cukup banyak dan pada hari Minggu ini juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim. Sehingga diharapkan kegiatan dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar untuk mewujudkan situasi yang kondusif diwilayah hukum Polsek Embaloh Hulu tegas Akp Paus Tino.

Penulis : Angga/Jaspian
Editor : Umi Fadillah/Sugeng Hs
Publish : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password