Naikkan Harga Tidak Sesuai Retribusi, Juru Parkir Diamankan Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Libur panjang setelah setelah lebaran Idul Fitri 1438 H banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengunjungi lokasi wisata diberbagai tempat.

Namun terkait liburan tersebut, ternyata dimanfaatkan oleh oknum petugas parkir untuk menaikkan tarif parkir tinggi yang tidak sesuai dengan retribusi pemerintah, sehingga wisatawan menjadi gerah dan resah.

Hal ini terjadi di salah satu objek wisata yang ada di Kota Pariaman. Dengan menaikkan harga parkir kendaraan, seorang juru parkir bernama Ilham diamankan oleh aparat kepolisian Polres Pariaman, Senin (26/6) siang.

Ilham diamankan setelah Polisi menerima laporan dan informasi dari masyarakat, bahwa adanya pungutan liar (pungli) parkir yang melebihi ketentuan di Lapangan Merdeka Kota Pariaman.

Tarif parkir yang seharusnya Rp. 3.000 malah dirubah menjadi Rp. 10.000, sehingga beberapa pengunjung tidak senang dan menginformasikannya ke Polisi.

“Tarif parkir dirubah dengan pulpen oleh oknum petugas parkir, masyarakat jadi resah karena tidak sesuai dengan retribusi yang telah ditetapkan pemerintah setempat”, ujar Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo, S.Ik melalui Kasubbag Humas AKP Sumiarti.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Ilham bersama juru parkir lainnya kemudian diamankan ke Pos pelayanan Pasar Pariaman untuk dimintai keterangan.

Wakapolres Pariaman Kompol Nofriadi Zen kemudian mendatangi Posyan Pasar Pariaman, selanjutnya memberikan teguran dan arahan kepada Ilham dan petugas parkir lainnya untuk tidak menaikkannya tarif parkir.

“Para petugas parkir telah diberi teguran, dan membuat surat perjanjian bahwa mereka berjanji tidak mengulangi lagi”, ucapnya AKP Sumiarti.

Dirinya juga menambahkan apabila petugas parkir dikemudian hari menaikkan tarif parkir tidak sesuai dengan retribusi, maka akan dilakukan proses hukum karena termasuk dalam pungli.(*).

Penulis : R. Fauzi/Sumbar
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi/Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password