Kapolda Sulut Hadiri Tradisi Iwadh di Kelurahan Istiqlal Manado

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito dan Forkopimda lainnya, menghadiri tradisi Iwadh di Kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Senin (26/06/2017) pagi.

Imam Masjid Masyhur Istiqlal, H. Thaha Bachmid mengatakan, tradisi Iwadh merupakan silaturahmi dari rumah ke rumah dengan tujuan untuk saling maaf memaafkan serta dengan iringan doa. “Iwadh sudah menjadi tradisi turun temurun selama kurang lebih 90 tahun,” ujarnya.

Iwadh, lanjut H. Thaha Bachmid, dilaksanakan pada hari kedua Idul Fitri atau tanggal 2 Syawal tiap tahunnya. “Dimulai pukul 07.00 WITA, berkumpul di rumah keluarga besar H. Ali Karama Syawie (Kapten Arab/kepala pemerintahan kelurahan pada zaman itu),” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sulut dalam sambutannya, mengapresiasi tradisi ini. “Semoga tradisi Iwadh ini tetap dijaga dan dipertahankan, karena ini merupakan salah satu cerminan kerukunan dan kebersamaan umat beragama di Sulut khususnya Kota Manado,” ujarnya.

Beberapa rumah yang dikunjungi pagi itu diantaranya, H. Syukri Djibran, H. Ahmad Badarab (alm.), H. Ir. Ami Ridwan Syawie dan H. Ayub Ali Albugis. Jalannya perayaan tradisi tersebut mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari Polresta Manado dan Polsek Wenang. Kegiatan berakhir pada pukul 09.00 WITA dalam keadaan aman, tertib dan lancar.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password