Police Goes To School Di Banjarnegara, Cara Polisi Bina Generasi Muda Dari Kenakalan Remaja

img_0387

Polres Banjarnegara, Polda Jateng – Kepolisian Resor Banjarnegara menggelar Police Goes To School ke sekolah-sekolah di Banjarnegara. Police Goes To School merupakan salah satu kegiatan dimana seluruh perwira mulai dari Kapolres, Wakapolres, Kabag, Kasat dan Kapolsek menjadi inspektur upacara atau irup dalam upacara bendera hari Senin di SMP maupun SMA.

Hal ini dilakukan sebagai langkah pembinaan kepada generasi muda untuk mengantisipasi adanya korban kejahatan pada anak. Upacara bendera dinilai tepat karena merupakan sarana positif yang bersifat rutin dimana selain sebagai pembinaan dan kedisiplinan, melatih jiwa kebangsaan juga sebagai sarana penyampaian informasi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Banjarnegara, AKBP Saiful Anwar, S.Sos, SIK, MH menjadi irup dalam upacara bendera di SMA N 1 Banjarnegara, Senin (9/1/2017).

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan tentang berbagai macam kenakalan remaja yang sering terjadi seperti halnya mabuk-mabukan, membolos sekolah, penyalahgunaan narkoba, kebut-kebutan hingga pergaulan seks bebas. Hal tersebut disebabkan dari berbagai faktor mulai dari faktor orang tua, lingkungan hingga faktor pergaulan.

Untuk itu, Kapolres mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk mengantisipasi kenakalan remaja tersebut mulai dari diri sendiri.

“Jangan menganggap setiap permasalahan yang ada dalam keluarga adalah beban kehidupan melainkan dijadikan sebagai motivasi belajar dan cambuk kehidupan sehingga orangtua menjadi bangga. Secercah harapan menanti agar memperoleh masa depan yang sukses dan gemilang.”, papar Kapolres.

img_0407

Selain itu, hal ini diperlukan peran guru sebagai inspirator, motivator (penyemangat), inisiator (inisiatif) dan transmitter (pemberi) serta evaluator (penilai).

Lebih lanjut, Kapolres Banjarnegara mengajak kepada siswa-siswi untuk menjauhi perilaku menyimpang karena akan merugikan diri sendiri.

“Gunakanlah masa-masa remaja dengan baik dan isilah dengan kegiatan positif dan bermanfaat atau berguna bagi diri sendiri, orang tua, lingkungan dan dapat menjadi kebanggan bagi bangsa dan negara serta kebanggaan alumni sekolah.”, ajak Kapolres.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres Banjarnegara memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang bersemangat dan dapat menjawab pertanyaan yang diajukan Kapolres. (a)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password