Malam Takbir di Wilayah Hukum Polres Tanggamus Lampung, Bagaimana Antisipasi Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung / Polres Tanggamus. Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus dan jajarannya all out mengamankan berlangsungnya malam takbir di Kabupaten Tanggamus dan Pringsewu, Sabtu (24/6/17) malam.

Lantas bagaimana upaya mengantisipasi kemacetan, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan, SH. SIK., menjelaskan Polres Tanggamus dan jajarannya sejak sore telah mempersiapkan personilnya dengan melaksanakan apel bersama lintas instansi dan pramuka yang membantu pengamanan karena diperkirakan mobilisasi masyarakat yang tinggi pada saat malam takbir.

“Guna mengantisipasi kemacetan di jalan lintas barat kabupaten Tanggamus dan Pringsewu, kami menerjunkan puluhan personil guna melancar arus lalu lintas pada penggal jalan berpotensi kemacetan”, kata Kompol Aditya Kurniawan.

Dari pemantuan di lapangan, sepanjang jalan Ahmad Yani, Jendral Sudirman, Pringsewu, jalan Ir. Juanda Kota Agung, jalan Pasar Talang Padang, penggal jalan banyak digunakan masyarakat melaksanakan takbir keliling, walaupun sebelumnya Polres Tanggamus telah menghimbau masyarakat untuk melaksanakan takbir di masjid-masjid.

Terpantau di penggal jalan Kabupaten Pringsewu kendaraan terlihat mengular, banyak kendaraan didominasi kendaraan sepeda motor, di jalur jalan swalayan terlihat padat merayap, petugas bahu membahu mengatur dengan memilah sepeda motor berjalan di sebelah kiri.

Rekayasa lalu lintas juga dilakukan oleh satuan lalu lintas dengan memasang pagar pembatas dan mengarahkan kendaraan agar tidak memutar di sepanjang jalan raya swalayan chandra.

“Kami arahkan sepeda motor untuk berjalan sebelah kiri dan mobil sebelah kanan, selain itu kendaraan kami arahkan untuk tidak memutar di sepanjang jalan swalayan chandra sehingga kemacetan arus lalu lintas dapat dicegah”, kata petugas di lokasi, Iptu Sururudin.

Rombongan pawai takbir baik dari arah Pringsewu maupun Gading Rejo dengan lantunan takbir di kendaraan mobil bertemu di Komplek Pemkab Pringsewu, guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan petugas juga terjun di lokasi tersebut.

“Tetap kami lakukan pengamanan guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti timbulkan tawuran atau konflik antar para peserta pawai yang didominasi anak-anak muda”, ujar Kompol Aditya Kurniawan.

Sampai saat ini arus lalu lintas di kabupaten Tanggamus dan Pringsewu masih terlihat ramai. (*)

Penulis : N.Muslih
Editor : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password