Tanah Gambut Tepi Kanal Longsor, Seorang Pekerja Tewas Tertimbun

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Seorang pekerja harian lepas PT. Tridea Senada, yang sedang melaksanakan pekerjaan di areal PT. BDL, menjadi korban akibat tanah gambut, disebuah kanal, longsor dan menimpa korban, yang sedang berada di dalam kanal tersebut. Korban Fransiska Alam As (18 tahun), meninggal dunia, saat dirinya berada jauh dari kampung halamannya, di Desa Kali Kuning Kecamatan Tulakan Pacitan Jawa Timur, Jumat, 23/6/2017, pukul 17.00 WIB, di Kanal Secunder 64 A Petak 0043 PT. BDL.

Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung, S.IK, melalui Kapolsek Gaung IPTU Walsum, mengatakan, pada sore Jumat, korban dan seorang rekannya, Nanto, sedang berada di camp kontainer Secunder 64 A Petak 0043 PT.  BDL, Desa Gembira Kec. Gaung Kab. Inhil – Riau. Karena hari mulai gelap dan tak ada bola lampu listrik untuk penerangan dikontainernya, korban dan Nanto, berinisiatif mengambil bola lampu yang ada di camp kontainer yang lama. Sewaktu sampai di dekat tempat dimaksud, perjalanan mereka terhalang kanat dan di kanal tersebut tidak ada jembatan penyeberangan. ‘Karena Nanto, tidak bisa berenang, maka korban berenang sendiri menyeberangi kanal’, tutur IPTU Walsum.

Saat korban sampai di seberang, secara tiba-tiba, tanah gambut yang ada dipinggir kanal itu, longsor dan menimpa korban, yang langsung tertimbun tanah. Melihat kejadian itu, Nanto berteriak minta tolong. Warga yang datang berusaha menolong dan beghasil mengangkat korban ke atas kanal, namun saat korban tidak terlihat bergerak lagi. Korban kemudian dievakuasi ke klinik P3K PT.  MSK. Tapi di klinik, petugas medis mengatakan bahwa korban sudah meninggal dunia.

“Saat ini jasad korban sudah diserahkan kembali ke Perusahaan tempatnya bekerja, untuk penyelenggaraan pemakaman lebih lanjut”, tutup IPTU Walsum

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password