Polisi Berhasil Bekuk Sindikat Pelaku Tindak Pidana Penipuan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Polres Bungo berhasil membekuk sindikat pelaku tindak pidana penipuan jual beli emas imitasi. Dua orang tersangka yang berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Bungo masing-masing berinisial I (45)  warga Kec. Jelutung Kota Jambi dan A (43) Kec. Jelutung Kota Jambi, Sabtu (24/06/2017).

Pelaku ditangkap oleh Personil Sat Reskrim Polres Bungo di Simpang Eks MTQ Muara Bungo pada saat akan melakukan penipuan kembali terhadap calon korban. Pelaku setelah diselidiki juga sudah dilaporkan dengan no LP / B / 22 / VI / 2017 / Jambi / Res Tebo / Sektor Tebo Tengah dengan kasus yang sama.

“Pelaku dalam melancarkan aksinya dengan berpura pura menemukan dompet berisi emas yang sebelumnya mereka buang terlebih dahulu didekat korban” ujar Kasat Reskrim AKP Afrito Marbaro M, SH, S.IK.

Tersangka juga meyakinkan korbannya dengan mengatakan itu emas asli dan menunjukan surat yang ada didalam dompet dengan merk toko Sinar Mas. Setelah yakin korban meminta agar kalung tersebut dibagi dan pelaku membujuk untuk memberikan uang sebagai peganti. Agar meyakinkan korban pelaku menawarkan kalung tersebut dan sebagai jaminan 2 (dua) handphone korban dengan alasan korban mau mengganti dan mengambil uang untuk kalung tersebut. Namun pelaku tidak kembali dan mengembalikan handphone tersebut.

Barang bukti yang kita amankan 1 (satu) unit sepeda motor Mio Z warna hitam tanpa nomor polisi, 1 (satu) lembar surat jaminan kualitas merk sinar mas, 1 (satu) Handphone merk Oppo neo 7, 1 (satu) buah Handphone merk stroberry, 2 (dua) kalung berwarna kuning emas, 1 (satu) kunci kontak, dan 6 (enam) tanda pengenal”jelas kasat Reskrim.

Kapolres Bungo AKBP Budiman Bostang Panjaitan, SH, S.IK, MH Saat dikonfirmasi mengatakan walau kita berhasil dengan tertangkapnya pelaku sindikat penipuan ini belum dipastikan wilayah Kab. Bungo aman dengan segala modus kejahatan tindak pidana. Untuk itu kami menghimbau masyarakat agar selalu berhati hati terhadap segala modus kejahatan menjelang Hari Raya Lebaran ini.

Penulis : Satria / Res Bungo
Editor : Umi Fadilah
Publish : Satria / Res Bungo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password