Siapkan Pengamanan Malam Takbir, 2 Polda Lakukan Koordinasi

Tribratanewspolri.go.id – Polda Jambi, dalam memperat hubungan antar satu instansi namun berbeda wilayah hukum, Kapolres Dharmasraya AKBP Rudi Yulianto, S.I.K, MH di dampingin Kabag Ops Dharmasraya, Kasat Intel, Kasat Sabhara dan Kapolsek Koto Baru Dharmasraya Polda Sumatra Barat melakukan Silaturahmi dan koordinasi bersama Kapolsek VII Koto Polres Tebo Polda Jambi di Kediaman Kades Desa Tanjung Pucuk Jambi Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Provinsi Jambi, Jumat (23/6/17).

Koordinasi ini dalam rangka mempersiapkan tentang pengamanan malam Takbir di perbatasan Desa Teluk Lancang ( Desa Tanjung Pucuk Jambi ) Kecamatan VII Koto dengan Desa Simalidu Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumbar.

Pasalnya kemanan di daerah ini saat menghadapi perayaan hari besar selalu memiliki sejarah buruk. Baik dalam hari Raya Idul Fitri mapun perayaan tahun baru. Beberapa tahun lalu saat pelaksanaan perayaan Tahun baru didaerah perbatasn ini pernah terjadi keributan yang bahkan berkembang menjadi Keributan besar antar Provinsi. Bermula dari warga Desa Tanjung Pucuk jambi Provinsi Jambi berselisih paham dengan warga Desa Simalidu Provinsi Sumbar yang kemudian berkembang ramai sehingga membuat situasi di daerah perbatasan provinsi Sumbar dan Jambi tersebut mencekam.

Bercermin dari pengalaman tersebut lah kedua Provinsi ini mempersiapkan dengan matang dalam mengamankan malam Takbiran. Dalam koordinasi ini juga mengundang seluruh Tokoh Adat, Tomas yang ada di dua desa.

Pelaksanaan Koordinasi yang melibatkan 2 Polres dengan Polda Yang berbeda
Pelaksanaan Koordinasi yang melibatkan 2 Polres dengan Polda Yang berbeda

Dari hasil koordinasi tersebut melahirkan beberapa hiimbauan dan kesepakatan antara kedua belah pihak yang sama-sama menjadi perhatian yakni Saling menjaga Kamtibmas pada saat malam takbiran antara desa perbatasan, dari kedua desa di himbau untuk melaksanakan takbiran di Desa masing-masing dan tidak bolehh melewati perbartsan untuk mencegah terjadinya gesekan yang dapat menimbulkan keributan perorangan/kelompok. Selain itu perangkat Desa dan Todat serta para Tomas mendukung dan menyampaikan himbauan tersebut langsung ke wargabnya masing-masing.

Saat dikonfirmasi Kapolsek VII Koto Ulu membenarkan adanya kegiatan koordinasi tersebut. Pihaknya juga menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya antisipasi dalam pengamana Malam Takbiran.

“Kami tidak ingin kejadian yang lalu terulang kembali, oleh karena itu kali ini kita persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Kami berharap pengaman Malam Takbiran kali ini dan seterusnya dapat berjalan dengan baik,”ujar kapolsek VII Koto.

Penulis   : Dian SM/Res.Tebo Jambi

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : Dian SM/Res.Tebo Jambi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password