Petakan Kerawanan Menjelang Pilkada, Kapolres Pariaman Kunjungi Kantor KPU

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Guna pemetaan keamanan menjelang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Kapolres Pariaman AKBP Bagus Suropratomo, S.Ik mendatangi kantor KPU Kota Pariaman, Kamis (22/6).

Setibanya di kantor KPU, Kapolres langsung melihat dan melakukan pengecekan disekitar kantor tersebut. Akses jalan masuk kantor KPU menuju gerbang kantor KPU Kota Pariaman yang buntu, jika terjadi hal yang tidak diinginkan diperkirakan akan menyulitkan proses evakuasi personil KPU.

“Kita akan lakukan pemetaan dulu, dengan kondisi letak kantor seperti ini, maka seperti apa pengamanan yang kita siapkan jika terjadi situasi chaos pada Pilkada mendatang. Apalagi kondisi jalan menuju gerbang KPU ini yang buntu”, ujar AKBP Bagus.

Kepolisian memiliki kewenangan dan tanggung jawab untuk melakukan pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada dengan sasaran pengamanan meliputi pengamanan penyelenggara Pilkada seperti Komisioner dan staf KPU Kota Pariaman, Panwaslu Kota Pariaman, pasangan calon dan objek vital lainnya.

Pengamanan tersebut nantinya akan dimulai semenjak tahapan awal Pilkada berlangsung, yakni pada bulan September 2017 mendatang.

“Pengamanan akan kita lakukan sejak tahapan awal Pilkada dimulai, hingga tahapan akhir yaitu pelantikan pasangan calon terpilih nantinya”, jelasnya.

Khusus kepada pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, Polres Pariaman akan melakukan pengamanan tertutup dan melekat kepada pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Pariaman sepanjang tahapan Pilkada Kota Pariaman 2018.

“Kita akan tempatkan 1 orang personil per satu orang pasangan calon yang melekat pada seluruh aktivitas pada tahapan pilkada. Khusus pengamanan ini kita lakukan setelah, ditetapkannya pasangan calon”, tambah mantan Kapolres 50 Kota.(*).

Penulis : R. Fauzi/Sumbar
Editor : Umi Fadilah
Publish : R. Fauzi/Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password