Operasi Ramadniya : 46 Kios Dan Toko di Mappi Terjaring Operasi Barang Kadaluarsa

Tribratanews.polri.go.id. Polda Papua, Polres Mappi – Produk kadaluarsa yang ditemukan Polisi yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Mappi saat Lakukan operasi Ramadniya jelang bulan Suci Ramadhan 2017 seperti makanan, minuman, bahkan Cosmetik, dan beberapa jenis bahan pokok lainnya berhasil disita. Kamis (21/06/17)

Beberapa harga bahan pokok serta barang kebutuhan rumah tangga lainnya sudah mulai mengalami kenaikan, di Moment Tersebut ada beberapa para pelaku Usaha perdagangan Khususnya Sembako yang memanfaatkan situsi tersebut dengan menjual barang barang yang sudah tidak layak untuk diperjualbelikan.

Mengacu pada moment tersebut Kepolisian Resor Mappi yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Mappi melaksanakan Razia, dari Hasil temuan itu kemudian di lakukan penyitaan, sedangkan kios dan toko pemilik barang kadaluarsa itu diberikan teguran agar tidak lagi menjual barang yang kadaluarsa.

Kepala Kepolisian Resor Mappi AKBP Wartono saat di Konfirmasi Mengatakan bahwa “Dalam Operasi Ramadhania kali ini sasarannya, seperti,sajam, miras, judi, narkoba, bahan peledak, pencurian, dan barang kadaluarsa.

Tak hanya itu Tim gabungan mengecek langsung situasi pasar, walau Kondisi pasar pada saat itu cukup ramai, beberapa pedagang sempat ditanyai untuk mencari informasi tentang kenaikan harga dan ternyata secara umum masih dalam keadaan normal – normal saja.

Selain mengantisipasi lonjakan harga dibulan ramadhan dan menjelang lebaran nanti, operasi kali ini mengkhususkan menyisir barang – barang kadaluarsa yang mungkin masih dijual. Ternyata di beberapa Kios dan toko ditemukan beberapa jenis Bahan Pokok dan kosmetik yang sudah kadaluarsa masih dipajang dan dijual belikan oleh oknum pedagang.

Di Lokasi berbeda Kepala Dinas Kesehatan Kab.Mappi Dr.Roni Tombokan mengatakan bahwa sebelum dilakukan Razia Kami pihak Dinas Kesehatan sudah memberikan menghimbau kepada para pedagang agar memperhatikan tanggal expired dagangannya karena barang tersebut sudah tidak boleh diperjual belikan namun masih ada juga yang membandel.

Kepala Dinas menambahkan bahwa kosmetik – kosmetik yang sudah kadaluarsa sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, sangat merugikan bagi pengguna dan melanggar undang-undang,  bahkan sudah setahun lebih dijual bebas di Toko.

Barang-barang kadaluarsa itu bahkan sudah tersimpan di toko sejak hampir satu tahun yang lalu, hal itu diketahui melalui tanggal kadaluarsa yang sudah tidak layak jual atau layak guna lagi sejak pertengahan tahun 2016 silam.

Kemudian Beberapa pedagang yang terjaring operasi pasar kemudian didata oleh petugas dan diberikan teguran.

Barang kadaluarsa tersebut saat ini sudah di amankan di Gudang Dinas Kesehatan sedangkan untuk pemusnahan nantinya akan dilakukan serentak dengan Pemusnahan Miras yang dilakukan oleh pihak Kepolisian pada Hari Bhayangkara di Mapolres Mappi.

Penulis                 : Novi/Fajar Surya Irianto
editor                    : Umi FAdilah
publish                 : Fajar Surya Irianto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password