Kanit Binmas Dampingi Warga Desa Pangkalan Batu Selesaikan Tuntuntan Pembebasan Lahan PT HKI

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar-Polres Ketapang, Kanit Binmas Polsek Kendawangan Bripka Suparman mendampingi warganya untuk melaksanakan pertemuan antara masyarakat Dusun Pangkalan Batu dengan masyarakat Dusun Dungun Desa Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan dengan Manajemen HKI 4, dalam rangka akan dibayarkannya ganti rugi tanam tumbuh/Pembebasan Lahan dilokasi HKI 4 yang terletak di Desa Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan.

Pertemuan dilaksanakan pada hari Rabu (21/06/2017) pukul 11.00 s/d 20.00 wiba berrempat di Bali pertemuan PT. HKI ( Hutan Ketapang Industri ) Perusahaan Perkebunan Karet Desa Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan.

Hadir dalam pertemuan tersebut Bp. Wawan Setiawan Kades Pangkalan Batu, Kanit Binmas Polsek Kendawangan Bripka Suparman, Manajer HKI 4 Ispandi Tambunan, Humas PT. HKI 4 Sdr Oka, Sdr Anggi Kadus Air Putih, Sdr Ramli Kadus Dungun, Sdr Heri Susanto Kadus Pelaik, Bp Bonipasius Atoy Demong Adat Desa Pangkalan Batu, Babinkamribmas Desa Pangkalan Batu Bripka Hadi Mahyuni, perwakilan masyarakat Dusun Air Putih, Dusun Dungun, Dusun Pelaik dan Desa Pangkalan Batu. Peserta yang hadir berjumlah sekira 50 orang.

Dalam pertemuan tersebut diperoleh hasil bahwa dana konfensasi pembebasan lahan yg akan dibayarkan oleh PT.HKI (Hutan Ketapang Industri) untuk sementara waktu dipending/ditunda pembayarannya dikarnakan pada lahan yang akan dibebaskan oleh warga Dusun Pangkalan Batu masih ada yang diklaim oleh warga masyarakat Dusun Dungun sehingga dana konfensasi tersebut belum dapat dibagikan kapada masyarakat yang punya lahan.

selanjutnya permasalahnya dikembalikan terlebih dahulu kepada Kepala Desa Pangkalan Batu untuk memusyawarahkan dengan warga Dusun Dungun dan warga Desa Pangkalan Batu setelah kedua belah pihak sudah ada kesepakatan atas lahannya, maka akan diagendakan pertemuan berikutnya untuk penyelesaian pembayaran ganti rugi lahan yang masuk dalam.area Perkebunan Karet PT. HKI.

“Pada prinsipnya masyarakat yang hadir dapat menerima penjelasan yang disampaikan pihak Manajemen PT HKI namun hal itu akan disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat yang ada terlibat lahannya ,” ujar Wawan Setiawan Kades pangkalan Batu.

Disaat kegiatan kanit Binmas Polsek Kendawangan Bripka Suparman menyampaikan pesan- pesan Kamtibmas agar permasalahan lahan yang masih ada sengketa antara masyarakat Dusun pangkalan Batu dengan Dusun Dungun dapat diselesaikan dengan kepala dingin, musyawarah dan mupakat dan jangan sampai ada kepentingan- kepentingan pribadi diluar permasalahan sehingga dapat diselesaikan secara arip dan bijaksana.

“apapun permasalahan yang ada baik dalam keluarga maupun dalam lingkungan RT, Dusun maupun tingkat Desa agar dapat disampaikan kepada Petugas Bhabinkambtibmas agar permasalahan yang ada dapat diambil langkah-langkah penanganan awal sehingga ada solusi jalan keluarnya ,”tutur Bripka Hadi Mahyuni.

Penulis   : Helwani.
Editor.    : Umi Fadilah / Sugeng Hs
Publish   : Cucu Safiyudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password