Sat Reskrim Polresta Surakarta Berhasil Menangkap Penjual Miras Oplosan yang Mengakibatkan 2 Orang Meninggal Dunia

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta.Polda Jateng – Sat Reskrim Polresta Surakarta berhasil membekuk 3 orang tersangka pembuat miras oplosan yang mengakibatkan 2 orang meninggal dunia dan 2 orang masuk rumah sakit, Rabu 21 Juni 2017 di Rumahnya Makam Bergolo Serengan Surakarta.

Ketiga tersangka ini di tangkap ditempat berbeda adalah : 1.Satrio Budi Utomo alias Gamber umur 43 tahun alamat Makam Bergolo serengan sebagai penjual miras oplosan, Masih ada juga nyawa melayang sia-sia karena minuman keras oplosan. 2. Ari Lestari 60 tahun alamat Sentul Rt 01 Rw 10 Mojolaban Sukoharjo sebagai perajik Miras Oplosan. 3 . Joko Setiawan alias Codot 34 tahun alamat Makam Bergolo Serengan sebagai pengantar pesanan ( Karyawan).

Menurut Kapolresta Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo saat Press Release Rabu 21 Juni 2017 pukul 13.00 Wib menjelaskan bahwa pelaku mengedarkan minuman oplosan ini secara sembunyi-sembunyi dan memsan lewas sms serta barang di kirim. Pelaku mampu membuat miras oplosan ini mencapai 300 literan dalam sekali mengolah/perhari. Barang bukti yang dapat di amankan adalah seoerangkat alat pengolah yaitu panci berukuran besar, 6 drum berisi ciu murni, miras oplosan, dan ratusan botol air minral serta ratusan bungkus plastik miras oplosan. Tersangka ini menurut Kapolresta Surakarta sudah 9 kali ditangkap dan di sidang Tipiring.

13344df0-f955-4d47-9446-9980f0979565

                 Salah satu korban yang saat di rawat di Rumah sakit sebelum meninggal dunia

Kejadian ini berawal dari korban 1 dan korban 2 (kakak beradik) pada hari Jumat minum minuman miras yang di beli dengan memesan lewat sms kepada tersangka Satrio dan pesanan di antar oleh tersangka Codot. Setelah minuman di dapat maka keduanya langsung pesta miras di tanah kosong dilapangan ping pong Kp. Makam Bergolo, Serengan Solo. Belum Puas keduanya beserta temannya (4 Orang) mengulang lagi pesta miras Oplosan hari Minggu di tempat yang sama dari pagi hingga sore. Hari itu juga Korban 1 sakit perut dan dada panas kemudian di bawa ke RS PKU Muhammadiyah dan Meninggal. Kemudian hari Selasa 20 Juni 2017 Kora\ban 2 mengeluh hal yang sama dan di bawa ke RS Kasih Ibu dan tak tertolong dan Meninggal dunia dan 2 rekanya dirawat di RS yang sama dan diperbolehkan pulang.

Miras Oplosan ini adalah alkohol 90 persen yang di campur dengan rebusan rempah-rempah seperti daun sereh, daun salam, Kunir, temu lawak, kayu manis , pengharum dll kemudian di campur menjadi jamu kemudian di jual belikan.

Kepada tersangka di kenakan pasa 2014 ayat 2 KUHP ” Menjual,Menawarkan, Menyerahkan, atau membagi-bagikan barang yang di ketahuinya membahayakan nyawa atau kesehatan orang hingga mengakibatkan kematian ” perbuatan ini di ancam hukuman 15 tahun penjara atau seumur hidup.

Penulis   : Sumarjo
Editor     : Umi Fadilah
Publish  : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password